Apa Itu Juneteenth? Simak Sejarahnya

- 21 Juni 2022, 15:36 WIB
Poster perayaan Juneteenth
Poster perayaan Juneteenth /cubeu/

PRIANGANTIMURNEWS- Perayaan Hari Emansipasi, 19 Juni 1900 diadakan di "East Woods" di East 24th Street di Austin. Kredit: Pusat Sejarah Austin. Pada ”Malam Kemerdekaan”, atau malam 1 Januari 1863.

Pada malam itu, orang Afrika-Amerika yang diperbudak dan merdeka berkumpul di gereja-gereja dan rumah-rumah pribadi di seluruh negeri menunggu berita bahwa Proklamasi Emansipasi telah berlaku. 

Menjelang tengah malam, doa-doa dijawab karena semua orang yang diperbudak di Negara Konfederasi dinyatakan bebas secara hukum. Tentara serikat, banyak di antaranya berkulit hitam, berbaris ke perkebunan dan melintasi kota-kota di selatan membaca salinan kecil dari Proklamasi Emansipasi yang menyebarkan berita kebebasan di Negara Konfederasi.

Baca Juga: Tampil di Jerman, Nasida Ria Tuai Berbagai Apresiasi

Hanya melalui Amandemen ketiga belas emansipasi mengakhiri perbudakan di seluruh Amerika Serikat.Tetapi tidak semua orang di wilayah Konfederasi akan segera bebas. 

Meskipun Proklamasi Emansipasi dibuat efektif pada tahun 1863, itu tidak dapat dilaksanakan di tempat-tempat yang masih di bawah kendali Konfederasi. Akibatnya, di negara bagian Konfederasi paling barat Texas, orang-orang yang diperbudak tidak akan bebas sampai beberapa waktu kemudian. 

Kebebasan akhirnya datang pada 19 Juni 1865, ketika sekitar 2.000 tentara Union tiba di Teluk Galveston, Texas. Tentara mengumumkan bahwa lebih dari 250.000 orang kulit hitam yang diperbudak di negara bagian itu, dibebaskan melalui dekrit eksekutif.

Baca Juga: Tiga Pemain Penting Persib Bandung Absen saat Melawan Bhayangkara FC, Robert Albert Sangat Menyayangkan 

Hari ini kemudian dikenal sebagai "Juneteenth," oleh orang-orang yang baru dibebaskan di Texas. Masa pasca-emansipasi yang dikenal sebagai Rekonstruksi (1865-1877) menandai era harapan besar, ketidakpastian, dan perjuangan bagi bangsa secara keseluruhan.

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: nmaach.edu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x