Topan Kuat Hinnamnor Mendekati Korea Selatan

- 6 September 2022, 06:49 WIB
Ilustrasi gelombang tinggi terlihat di pantai Seogwipo, Provinsi Jeju, pada Senin pagi saat Topan Hinnamnor mendekati Semenanjung Korea.
Ilustrasi gelombang tinggi terlihat di pantai Seogwipo, Provinsi Jeju, pada Senin pagi saat Topan Hinnamnor mendekati Semenanjung Korea. /

PRIANGANTIMURNEWS- Topan Hinnamnor, yang bisa menjadi badai paling kuat yang melanda semenanjung Korea dalam dua dekade, menuju ke Korea Selatan dan diperkirakan akan mempengaruhi negara itu hingga Selasa, setelah itu diperkirakan akan bergerak ke utara-timur laut.

Menurut Administrasi Meteorologi Korea, Hinnamnor terletak 460 kilometer selatan-barat daya Seogwipo Pulau Jeju, bergerak ke utara dengan kecepatan 19 kilometer per jam dengan tekanan atmosfer 935 hectopascal di pusatnya bergerak lebih cepat dari perkiraan sebelumnya 12 kilometer per jam.

Topan tersebut saat ini tergolong topan “sangat kuat” dengan kecepatan angin maksimal minimal 49 meter per detik atau 176 kpj.

Baca Juga: 4 dari 5 Ahli Chip Menyebutkan Korea Menghadapi Krisis Terburuk Dalam Satu Dekade

Topan diklasifikasikan menjadi empat kategori: sedang, kuat, sangat kuat, dan super kuat.

Super kuat mengacu pada topan dengan kecepatan angin maksimum minimal 54 mps, atau 194 kpj.

Topan Hinnamnor diperkirakan akan melewati 30 km selatan kota Seogwipo di pantai selatan pulau Jeju pada tengah malam.

Topan itu kemudian akan mendekati 90 km barat-barat daya Busan sekitar pukul 06:00 Selasa, kata badan cuaca negara bagian itu.

Ketika topan melewati Busan, Topan Hinnamnor akan menjadi sedikit melemah, dengan tekanan atmosfer 955 hektopaskal di pusatnya.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: The Korea Herald


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x