Vladimir Putin Mengatakan Tidak Akan Menghadiri KTT G20 Indonesia, Ini Alasannya

- 8 November 2022, 12:15 WIB
Potret Vladimir Putin Presiden Rusia
Potret Vladimir Putin Presiden Rusia /Instagram @mrpresidenputin/

PRIANGANTIMURNEWS - Presiden Rusia Vladimir Putin mungkin melewatkan KTT para pemimpin Kelompok Dua Puluh (G20) minggu depan, kata mitranya dari Indonesia Joko Widodo dan tuan rumah blok ekonomi utama itu kepada media, Senin 7 November 2022.

Joko Widodo mengatakan bahwa percakapan dengan Vladimir Putin pekan lalu memberinya "kesan kuat" bahwa pemimpin Rusia tidak akan menghadiri pertemuan di Bali, yang diperkirakan akan didominasi oleh ketegangan atas invasi Rusia ke Ukraina .

Kementerian luar negeri dan istana kepresidenan Indonesia tidak segera menanggapi permintaan komentar Reuters.

Baca Juga: Mau Puasa Ayyamul Bidh, Ini Dia Lafal Niat dan Tata Cara Serta Pahalanya Seperti Ibadah Sepanjang Tahun

Sebagai tuan rumah G20, Indonesia telah menolak tekanan dari negara-negara Barat dan Ukraina untuk tidak mengundang Rusia dari pertemuan puncak para pemimpin dan mengeluarkannya dari kelompok tersebut, dengan mengatakan tidak memiliki wewenang untuk melakukannya tanpa konsensus di antara semua anggota.

Widodo menekankan dalam sebuah wawancara dengan Financial Times bahwa Rusia tetap disambut di KTT itu, yang ia khawatirkan dibayangi oleh peningkatan ketegangan internasional yang "sangat mengkhawatirkan".

"G20 bukan untuk forum politik. Ini untuk ekonomi dan pembangunan," katanya.

Indonesia juga mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, yang mengatakan dia tidak akan ambil bagian jika Putin melakukannya . Rusia menyebut invasi ke Ukraina sebagai "operasi khusus".

Baca Juga: Inilah Jadwal Puasa Sunnah Ayyamul Bidh Bulan November 2022! Rabiul Akhir 1444 H

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x