Ngeri! Korea Utara Rayakan Malam Tahun Baru dengan Luncurkan Rudal ke Semenanjung Korea

- 1 Januari 2023, 16:17 WIB
Kim Jong Un presiden Korea Utara./Instagram @kimjongunveyegenleri
Kim Jong Un presiden Korea Utara./Instagram @kimjongunveyegenleri /

PRIANGANTIMURNEWS - Malam tahun baru seharusnya menjadi malan yang membahagiakan. Namun hal ini ripanya tidak berlaku bagi negara yang sangat tertutup, Korea Utara.

Dikabarkan militer Korea Selatan menyebut Korea Utara telah menembakkan tiga rudal balistik ke arah Laut Timur Semenanjung Korea.

Kabar itu dibenarkan oleh Kepala Staf Gabungan (JCS) Korea Selatan yang menyatakan rudal diluncurkan dari Ryongsong, Pyongyang, pada pukul 02.50 waktu setempat. Di mana peluru mencapai jarak 400 kilometer.

Baca Juga: Innalilahi Mami Popon Meninggal, Keluarga Raffi Ahmad Ikhlaskan Kepergian Nenek Tercinta

Peluncuran tiga rudal balistik tersebut dilakukan pada Sabtu, 31 Desember 2022 dalam kurun waktu kurang dari 24 jam.

"Kami sangat mengecam serangkaian uji coba rudal Korea Utara sebagai provokasi serius yang merusak perdamaian dan stabilitas Semenanjung Korea dan masyarakat internasional," bunyi pernyataan JCS, dikutip dari Reuters.

Bersamaan dengan kecaman JCS, Penjaga Pantai Jepang juga menyatakan rudal melesat hingga ketinggian sekitar 100 km, mencapai sasaran berjarak 350 km. Posisi mendaratnya di luar Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Jepang.

Baca Juga: Kabar Duka Awal Tahun! Empat Orang Wisatawan Terseret Ombak di Pantai Prigi Jatim

Kemudian Menteri Pertahanan (Menhan) Jepang Yasukazu Hamada mengatakan pemerintahaannya telah menyampaikan protes diplomatik atas peluncuran tersebut.

Diketahui peluncuran rudak yang dilakukan Korea Utara adalah peluncuran terbaru dalam uji coba rudal sepanjang tahun 2022. 

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @buddykuofficial


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x