Hans Modrow Perdana Menteri Komunis Terakhir Jerman Timur Meninggal Dunia, Ini Kiprah Politiknya

- 12 Februari 2023, 08:40 WIB
Ilustrasi bendera Jerman.
Ilustrasi bendera Jerman. /Pexels/Ingo Joseph

PRIANGANTIMURNEWS - Kabar duka dari Jerman. Perdana Menteri Komunis terakhir Jerman Timur Hans Modrow meninggal dunia.

Perdana Menteri Komunis terakhir di Jerman Timur, Hans Modrow meninggal dunia pada usia 95 tahun.

"Tadi malam Hans Modrow meninggalkan kami pada usia 95 tahun. Dengan ini, partai kami kehilangan seorang sosok yang penting," kata kata Partai ultrakiri Jerman Die Linke dalam pernyataannya pada Sabtu 11 Februari 2023.

Baca Juga: Jumlah Korban Tewas Gempa Turki Lebih dari 20.665 Orang, 80.088 Luka-luka


Dijelaskan, ketika Hans Modrow mulai menjabat menjadi perdana menteri pemerintahan transisi pada 13 November 1989, empat hari setelah Tembok Berlin dibuka, Modrow mengatakan bahwa dia akan mengubah Jerman Timur menjadi negara demokrasi.

Dikatakan kembali bahwa pimpinan komunis sebelumnya telah dilengserkan oleh para demonstran yang menuntut demokrasi dan kebebasan di seluruh Jerman Timur.

Para pengunjuk rasa tersebut menuntut perubahan di Jerman Timur yang masih kental dengan pengaruh Soviet, apalagi setelah Mikhail Gorbachev berkuasa di Uni Soviet.

Baca Juga: Tujuh Tips Mengisi Hari Minggu Agar Berkualitas, Penasaran? Ini Pembahasannya

Pada Maret 1990, Modrow mengumumkan pemilihan umum bebas pertama dan satu-satunya di Jerman Timur, yang secara resmi disebut Republik Demokratik Jerman (GDR), meski hasil pemilu itu mengakibatkan dia tidak lagi menjadi perdana menteri.

Kemudian pada Oktober 1990, Modrow dituding berupaya menunda perubahan politik dan penyatuan kembali Jerman. Dia juga dikritik karena mencoba mengubah citra daripada mengakhiri polisi keamanan Stasi.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x