Peringatan Hari Nakba oleh PBB: Bergema di Inggris sampai Israel Ajukan Petisi

- 15 Mei 2023, 22:10 WIB
Peringatan Hari Nakba di Inggris pada 15 Mei 2023 mendatangkan ribuan pengunjuk rasa yang memprotes kejahatan dan penjajahan Israel terhadap Palestina.
Peringatan Hari Nakba di Inggris pada 15 Mei 2023 mendatangkan ribuan pengunjuk rasa yang memprotes kejahatan dan penjajahan Israel terhadap Palestina. /TRT world/

PRIANGANTIMURNEWS - Peringatan Hari Nakba jatuh setiap tanggal 15 Mei. Hari Nakba adalah hari dimana Israel merampas tanah milik warga Palestina setelah mendapat mandat dari Inggris.

 

Hari tersebut adalah peringatan yang biasanya dikenang warga Palestina, demi membela hak asasi di Dunia dan hak tanah mereka yang dirampas oleh Zionis Israel sejak tahun 1948.

Nakba dalam bahasa arab berarti 'malapetakan'. Inisiasi Peringatan Hari Nakba Palestina adalah Mesir, Yordania, Senegal, Tunisia, Yaman dan Palestina.

Baca Juga: Inilah Daftar Transfer Manchester United Untuk Musim Depan

Hari tersebut adalah hari dimana hampir 800 ribu warga Palestina diusir paksa dan dibantai oleh pasukan dan warga bersenjata zionis Israel saat itu.

Serta menjadi penyebab utama perang Arab-Israel terjadi kala itu. Melibatkan Mesir, Yordania, Lebanon dan Suriah melawan Israel.

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: TRT World


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x