ASEAN Tegaskan Sikap Adil dan Komperhensif dalam Konflik Palestina-Israel demi Stabilitas Timur Tengah

- 15 Juli 2023, 09:00 WIB
Menlu Indonesia Retno Masrudi menyampaikan bahwa ASEAN adalah kontributor perdamaian dan stabilitas untuk Konflik Palestina-Israel. Disampaikan pada pertemuan AMM ke-56 pada hari Jumat, 14 Juli 2023 di Jakarta.
Menlu Indonesia Retno Masrudi menyampaikan bahwa ASEAN adalah kontributor perdamaian dan stabilitas untuk Konflik Palestina-Israel. Disampaikan pada pertemuan AMM ke-56 pada hari Jumat, 14 Juli 2023 di Jakarta. /Antara/

PRIANGANTIMURNEWS - ASEAN (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) menyerukan sikap tegas untuk adil dan Komperhensif dalam pengambilan solusi konflik Palestina-Israel.

Pernyataan bersama tersebut disampaikan dalam Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN ke-56 oleh Kementrian Luar Negeri atau perwakilanya.

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) tersebut diselenggarakan pada hari Jumat, 14 Juli 2023 di Ibukota Jakarta, Indonesia.

Baca Juga: AS-China Mulai Berebut Pengaruh di Indo-Pasifik, ASEAN Tegaskan Sikap Tak Memihak

Pernyataan bersama diungkapkan sebagai bentuk keprihatinan dan kecaman terhadap Israel yang terus memancing kemarahan warga Palestina. Sehingga menyebabkan perang baru yang memanas.

"Kami menekankan kembali pentingnya sebuah solusi yang berkelanjutan, adil dan komprehensif untuk mengatasi konflik Israel-Palestina guna mencapai perdamaian dan stabilitas di kawasan Timur Tengah," bunyi pernyataan bersama ASEAN.

ASEAN juga mendesak Palestina untuk menahan dan melakukan langkah positif. Serta menyerukan kedua belah pihak untuk kembali melakukan negoisasi dan pembicaraan untuk mencapai perdamaian.

Baca Juga: Pertemuan ASEAN di Indonesia: Konflik Myanmar, Laut China dan Singgung Kawasan Bebas Nuklir

"ASEAN juga mendesak kedua belah pihak untuk secara aktif mengambil langkah positif yang memungkinkan berbagai negosiasi," tulisnya.

"yang mendatangkan traksi dan bekerja sama, menuju dimulainya kembali negosiasi untuk mencapai perdamaian yang kekal," tambahnya.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah