Banjir Melanda China Utara, Belasan Orang Tewas

- 1 Agustus 2023, 19:33 WIB
 Kondisi jalan yang dipenuhi puing-puing setelah hujan deras yang disebabkan topan di Beijing, China, Senin 31 Juli 2023./ANTARA FOTO/Kyodo via Reuters Connect/rwa.
Kondisi jalan yang dipenuhi puing-puing setelah hujan deras yang disebabkan topan di Beijing, China, Senin 31 Juli 2023./ANTARA FOTO/Kyodo via Reuters Connect/rwa. /

PRIANGANTIMURNEWS -  Banjir melanda Beijing China akibat hujan terus mengguyue selama empat hari tanpa henti.

Akibat banjir tersebut menyebabkan 11 orang di China utara tewas.

Sungai meluap hingga tingkat membahayakan, membuat Beijing menggunakan waduk penampung banjir untuk pertama kalinya sejak dibangun 25 tahun lalu.

Baca Juga: 46 Warga Korea Selatan Meninggal akibat Hujan Deras yang Sebabkan Banjir Mengerikan

Sementara pada Senin malam, otoritas ibu kota China itu menutup lebih dari 100 jalan pegunungan dan mengevakuasi lebih dari 52.000 warga dari tempat tinggal mereka.

Sementara itu, korban tewas mencapai 11 orang pada Selasa pagi, dan 27 lainnya dilaporkan hilang, menurut Beijing Daily. Dua korban meninggal saat operasi penyelamatan dan pertolongan.

Doksuri, salah satu badai terkuat yang melanda China dalam beberapa tahun, melemah saat bergerak ke wilayah pedalaman, tetapi pihak berwenang memperingatkan akan adanya resiko banjir dan bencana geologi lainnya.
Baca juga: Korban tewas Topan Doksuri di Filipina jadi 25 orang, 20 hilang. 

Baca Juga: Pertemuan ASEAN di Indonesia: Konflik Myanmar, Laut China dan Singgung Kawasan Bebas Nuklir

Badai lokal dan angin kencang diperkirakan melanda Beijing pada Selasa, demikian pula dengan kota tetangga Tianjin dan provinsi Hebei, kata media penyiaran resmi CCTV.

Saat hujan turun, matinya aliran air dan listrik serta kesulitan mendapatkan bahan makanan menyulitkan kehidupan sehari-hari warga, menurut media lokal dan unggahan media sosial.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x