Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum Sebut Ini Penyebab Banjir Bandang di Garut

- 19 Juli 2022, 17:10 WIB
Wagub Jabar, Uu Ruhzanul Ulum saat memberikan sambutan waktu meninjau banjir bandang di Garut
Wagub Jabar, Uu Ruhzanul Ulum saat memberikan sambutan waktu meninjau banjir bandang di Garut /PRITIM PRMN/EDI MULYANA/


PRIANGANTIMURNEWS - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyebutkan telah mendapatkan informasi adanya pembabatan hutan di hulu sungai sehingga menjadi salah satu terjadinya bencana banjir di Kabupaten Garut.

"Menurut informasi yang kami terima, ada pembabatan hutan (di daerah hulu). Hutan produktif harus rasional sehingga pada saat hujan datang tidak berdampak seperti ini," kata Uu Ruzhanul Ulum saat meninjau daerah terdampak banjir di Garut Kota, Kabupaten Garut, Minggu.

Ia menuturkan langkah penanganan banjir harus dilakukan melalui edukasi masyarakat di wilayah hulu sungai, terlebih adanya laporan bahwa banjir dampak dari alih fungsi lahan di hulu sungai.

Baca Juga: Jembatan Gantung Tersapu Banjir, Para Siswa di Karangpawitan, Garut Seberangi Sungai dengan Perahu Karet

Ia menegaskan sama pentingnya dilakukan penegakan hukum berupa sanksi terhadap para perusak lingkungan baik perorangan maupun korporasi.

Pak Uu sapaan akrab Uu Ruzhanul Ulum mengungkapkan, warga Kampung Dayeuhandap bukan pertama kalinya mengalami musibah banjir. Untuk itu, warga agar mau berpindah lokasi hunian ke daerah yang lebih aman.

"Kami meminta kepada masyarakat, khususnya yang ada di sepanjang sungai ini, daerah yang dianggap berbahaya, mohon kesadarannya agar pindah ke tempat yang lebih aman," kata Uu.

Baca Juga: Gabungnya Raheem Sterling Jadi Ajang Persaingan di Lini Depan Chelsea, Christian Pulisic Berambisi Main Lebih

Ia menyampaikan terkait usulan dipindahkan itu sudah ditanyakan langsung kepada masyarakat, hasilnya ada yang menerima, ada juga yang menolak, alasannya karena tanah pribadi.

"Saya sudah bertanya ke masyarakat, ada yang mau, ada yang menolak, karena itu tanah pribadi. Namun diminta pindah bukan berarti tanahnya akan diambil oleh pemerintah, akan tetapi demi keselamatan," katanya.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @polresgarut


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x