Ridwan Kamil Buka Suara, Pasca Heboh Gugatan yang Dilayangkan oleh Panji Gumilang

- 24 Juli 2023, 21:00 WIB
 Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil buka suara tanggapi gugatan yang dilayangkan kepadanya oleh Pemimpin Ponpes Al-Zaytun. Disampaikan pada Minggu, 23 Juli 2023.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil buka suara tanggapi gugatan yang dilayangkan kepadanya oleh Pemimpin Ponpes Al-Zaytun. Disampaikan pada Minggu, 23 Juli 2023. /Antara/
PRIANGANTIMURNEWS - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akhirnya buka suara heboh lantaran dirinya digugat oleh Pemimpin Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun Panji Gumilang.

Orang nomor satu di Jawa Barat (Jabar) itu tampak tidak takut sama sekali dengan gugatan yang dilayangkan oleh Panji Gumilang dan pendukungnya.

Pemerintah Provinsi Jabar menduga bahwa mereka tidak terima dengan hasil dari temuan Tim Investigasi bentukannya, yang telah menemukan bukti penyimpangan Ponpes Al-Zaytun.
 
Baca Juga: 4791 Siswa Jabar Resmi Dicoret! Ridwan Kamil: Eril dan Zara Juga Kalah Zonasi PPDB

Pondok pesantren tersebut telah mendapatkan kecaman keras karena menistakan agama Islam dan diduga terjaring NII serta penggelapan dana.

Pria yang akrab dipanggil Kam Emil itu malah justru mempersilahkan Panji Gumilang dan kuasa hukumnya untuk bergelut di kursi panas peradilan.

Menitikberatkan peradilan hukum negara, serta atas dasar nasihat-nasihat yang telah diberikan oleh ulama-ulama Jabar. Kang Emil menegaskan bahwa dirinya tidak gentar.

Pernyataan tersebut disampaikan di akun Instagram resminya @ridwankamil.
 
Baca Juga: Panji Gumilang Menjadi-Jadi: Ponpes Al-Zaytun Undang Aktivis Yahudi Peringati Tahun Baru Islam

"Ini adalah negeri hukum. Justru baik agar permasalahan bisa terang benderang. Ini hanya urusan peradilan duniawi," jawab Ridwan Kamil

"Sebagai pemimpin Jawa Barat, saya sudah bersumpah untuk menjaga Jawa Barat dan NKRI serta berkewajiban membela umat dan syariat dari hal-hal yang membahayakan dan meresahkan," tambahnya

"Setiap keputusan terkait keumatan, saya selalu mendengarkan nasehat para ulama-ulama Jawa Barat," paparnya.

Dirinya kemudian menegaskan bahwa dirinya berasal dari keluarga yang selalu membela agama dan negaranya, terutama kakeknya.

"Bagian dari nasehat almarhum kakek saya KH Muhjiddin, Panglima Hizbullah NU pada zaman kolonial, agar keturunannya selalu bela agama dan negara," ungkapnya.
 
Baca Juga: Mengejutkan! Ini Pernyataan Mahfud MD Siapa Sosok Panji Gumilang, Ternyata Mengerikan

"Almarhum kakek dipenjara Belanda, dimusuhi DI TII dan PKI. Saya cucunya wajib melanjutkan apa yang kakek saya perjuangkan," tegasnya.

Sementara kuasa hukum Panji Gumilang menanggapi pernyataan Ridwan Kamil tersebut dengan sebagai bagian dari upaya mencari suasana di tengah polemik Ponpes Al-Zaytun.

Kendati demikian, masyarakat Indonesia dengan jelas memuji sikap Kang Emil yang tegas dan berani. Serta mencela Ponpes Al-Zaytun dan Panji Gumilang.

Seperti yang disampaikan oleh akun @raynaldi_ap yang memuji dan mendukung sikap tegas Kang Emil:

"Saya sebagai warga Indramayu, mendukung apa yang dilakukan pak @ridwankamil untuk membubarkan Al-Zaytun," tulisnya.
 

Sementara akun @chevz_masagi mempertanyakan orang yang mendukung dibalik Panji Gumilang dan Ponpes Al-Zaytun:

"Jadi penasaran siapa Back Up an Syekh Panji Gumilang itu. Sampai-sampai berani Gugat Menteri dan Gubernur," tegasnya.

Kepala Badan Kesbangpol Jabar, Iip Hidayat menyampaikan bahwa Pemprov Jabar telah siap sedia untuk menghadapi gugatan Panji Gumilang.

Pernyataan tersebut disampaikan pada Minggu, 23 Juli 2023 di Bandung tidak lama setelah Ridwan Kamil buka suara atas gugatan yang dilayangkan kepadanya.***

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @ridwankamil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x