Gempa Magnitudo 5.2 Guncang Cianjur, Getarannya Terasa di Sejumlah Tempat

- 18 November 2023, 15:00 WIB
 Peta pusat gempa bumi dengan magnitudo 5,2 di barat daya Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, pada Sabtu pagi 18 November 2023 /ANTARA/HO-BMKG
Peta pusat gempa bumi dengan magnitudo 5,2 di barat daya Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, pada Sabtu pagi 18 November 2023 /ANTARA/HO-BMKG /

PRIANGANTIMURNEWS - Gempa bumi hebat dengan magnitudo 5,2 mengguncang kawasan pantai selatan Cianjur, Jawa Barat, pada Sabtu 18 November 2023 pukul 06.34 WIB, menimbulkan aura ketegangan di udara.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan bahwa kejadian ini disebabkan oleh kegiatan subduksi lempeng, meresahkan penduduk sekitar.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, menjelaskan bahwa pusat gempa yang terletak di laut dengan kedalaman 58 km menandai kejadian yang tergolong gempa dangkal.

Baca Juga: Gempa Bumi Afghanistan Tembus 2053 Angka Kematian, Korban Diperkirakan Terus Bertambah

Berlokasi di koordinat 7,87 Lintang Selatan dan 107,21 Bujur Timur, sekitar 100 km ke arah barat daya Kabupaten Bandung, gempa ini memberikan sensasi getaran yang signifikan.

Daryono dengan nada serius di Jakarta, mengatakan bahwa dengan melihat lokasi episenter serta pada kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini adalah jenis gempa bumi yang ditimbulkan dari aktivitas subduksi lempeng.

Berdasarkan penjabaran mekanisme sumber gempa, Daryono juga menjelaskan bahwa gempa ini mempunyai mekanisme pergerakan naik, memberikan gambaran dramatis tentang kekuatan alam yang menderu di kedalaman laut.

Getaran gempa terasa di sejumlah daerah, termasuk wilayah Garut, Sindangbarang, Ciamis, Pakenjeng, Bungbulang, juga Tasikmalaya, dengan Skala III MMI.

Baca Juga: Di Lumajang Jawa Timur, Gunung Semeru Rabu pagi Mengalami Gempa Erupsi

Rumah-rumah gemetar seolah-olah dihantam oleh truk berat, menimbulkan ketidaknyamanan yang luar biasa.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x