Brokoli, Pahlawan Kesehatan yang Menakjubkan, Simak Khasiat dan Cara Olahnya!

- 18 November 2023, 12:00 WIB
Ilustrasi brokoli yang penuh dengan khasiatnya./Pixabay
Ilustrasi brokoli yang penuh dengan khasiatnya./Pixabay /

PRIANGANTIMURNEWS - Brokoli, bukan sekedar sayuran biasa, telah muncul sebagai pahlawan kesehatan dengan segudang manfaat yang luar biasa.

Dikenal sebagai penangkal kanker dan penyokong kesehatan jantung serta otak, brokoli kini mencuri perhatian dalam hal menurunkan kadar gula darah.

Sayuran cruciferous ini tidak hanya kaya akan nutrisi esensial seperti vitamin A, C, K, folat, serat, serta potasium, tetapi juga menjadi andalan dalam menjaga keseimbangan gula darah.

Baca Juga: Petani Sayuran di Garut Kecewa, Harga Sayur Sosin Anjlok, Harnya Rp500 per Kilogram

Menurut laporan Eating Well yang ditulis pada Rabu 15 November 2023, brokoli dengan kurang dari 6 gram karbohidrat per cangkir porsi mentah, dan sekitar 2 gram serat, memberikan dampak minimal pada kadar gula darah.

Tidak hanya itu, penelitian terbaru di Phytomedicine Plus 2023 menyoroti senyawa Sulforaphane dalam brokoli yang tidak hanya memberikan rasa pahit khas, tetapi juga dapat membantu mengelola gula darah tinggi, resistensi insulin, dan mengurangi stres oksidatif yang merugikan pembuluh darah serta menyebabkan beberapa komplikasi jantung pada penderita diabetes.

Ahli perawatan diabetes, Angelina Banuelos-Gonzalez, menegaskan bahwa makan brokoli dapat membantu menjaga hidrasi pada penderita gula darah tinggi.

Baca Juga: Ingin Janin Sehat dan Kuat, Ini 8 Sayuran yang Baik Untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Adalah Kale

Brokoli mengandung 90 persen udara, sehingga selain memberikan manfaat kesehatan, juga membantu menjaga kadar cairan tubuh Anda, katanya.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x