Kenali Penyebab Bau Badan dan Cara Mengatasinya

- 18 Agustus 2021, 15:22 WIB
Ilustrasi orang tidak nyaman dengan bau badan.
Ilustrasi orang tidak nyaman dengan bau badan. /Pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS- Setiap orang pasti pernah mengalami masalah bau badan, meskipun tidak berbahaya tapi cukup mengganggu dan membuat kita kurang percaya diri.

Lalu apa penyebab bau badan? dan bagaimana cara mengatasinya?

Ternyata bau badan disebabkan oleh masalah keringat Bromhidrosis. Bromhidrosis adalah istilah kedokteran untuk keringat yang berbau tidak sedap, penyebabnya karena produksi keringat berlebih yang dihasilkan kelenjar apokrin.

Kelenjar apokrin biasanya berada di ketiak dan area genital yang mengahsilkan keringat lengket yang mengandung bahan organik sehingga jika terjadi kontak dengan bakteri bisa menghasilkan bau yang tidak sedap.

Baca Juga: Gubernur DKI Bantu Masyarakat yang Belum Memiliki Rumah, Ayo Buruan Ini Caranya

Bromhidrosis biasanya lebih banyak ditemukan pada laki-laki dibandingkan perempuan pada orang dengan kelebihan berat badan dan pada ras kulit hitam daripada kulit putih.

Bau badan juga bisa disebabkan oleh faktor hormonal, genetik, dan faktor makanan seperti bawang putih, bawang merah, cabai, merica, cuka, keju, lobak produk susu fermentasi, ikan asin, dan daging ternyata dapat mempengaruhi bau badan.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah bau badan?

Bau badan bisa kita atasi mulai dari cara yang sederhana seperti rutin mandi, membersihkan ketiak dan mencukur bulu ketiak, mengganti pakaian terutama saat berkeringat, menggunakan sabun antibakteri dan menghindari beberapa jenis makanan penyebab bau badan (bawang putih dan daging merah) menggunakan deodorant atau antiperspirant dan parfum.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Youtube ini kata dokter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah