Daripada Memberi Gadget Saat Anak Rewel, Lebih Baik Bunda Lakukan Ini

- 10 Oktober 2021, 23:33 WIB
Ketika anak sedang rewel.
Ketika anak sedang rewel. /Alodokter/

 

PRIANGANTIMURNEWS- Memberi gadget saat anak rewel memang bisa membuatnya teralihkan dan tenang dengan cepat. Namun, dalam jangka panjang, ini justru bisa berdampak buruk bagi tumbuh kembang Si Kecil, lho. Yuk, Bun, simak cara menghadapi anak yang rewel tanpa harus memberi gadget di sini.

Bunda dan Ayah, ingat, ya, kebiasaan memberi gadget setiap kali Si Kecil rewel atau tantrum berisiko menyebabkannya menjadi kecanduan gadget, lho. Nah, hal inilah yang kemudian dapat mengganggu perkembangan fisik, emosional, dan sosial Si Kecil.

Menurut penelitian, anak yang kecanduan gadget memiliki risiko lebih tinggi mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Pasalnya, kebiasaan bermain gadget terlalu lama bisa membuat anak menjadi malas untuk bergerak dan melakukan berbagai aktivitas fisik.

Baca Juga: Diserang Penyakit Sepsis , Chicco Jerikho Sempat Kritis di Rumah Sakit

Terlalu banyak bermain gadget juga bisa membuat anak sulit tidur atau insomnia. Ini karena sinar biru dari layar gadget bisa menghambat pelepasan hormon yang memicu rasa kantuk. Bila Si Kecil kurang tidur di malam hari, ia justru akan lebih berisiko untuk mengalami tantrum atau rewel di siang harinya, Bun.

Selain itu, kecanduan gadget juga bisa menyebabkan Si Kecil malas berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarnya. Screen time yang berlebihan juga bisa membuat anak menjadi terlambat berbicara, sulit bergaul dengan orang lain, kurang empati, dan memiliki kecerdasan emosional (EQ) yang lebih rendah.

Cara Menghadapi Anak Yang Rewel Tanpa Memberi Gadget

Mengingat ada banyak efek buruk yang bisa terjadi pada Si Kecil akibat kecanduan gadget, Bunda dan Ayah sebaiknya jangan membiarkannya sering bermain gadget teralu lama, ya.

Apabila Si Kecil sedang rewel, jangan langsung memberikannya gadget agar ia bisa tenang. Justru pada saat seperti ini, Bunda dan Ayah perlu memberikannya perhatian lebih dan penjelasan yang baik agar ia bisa menenangkan diri.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Alodokter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x