Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Meningkatkan Kekebalan Tubuh

- 26 Januari 2022, 12:30 WIB
Buah pepaya bukan hanya berfungsi untuk melancarkan buang air besar, tetapi juga banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh
Buah pepaya bukan hanya berfungsi untuk melancarkan buang air besar, tetapi juga banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh /PEXELS/Alleksana/
 
PRIANGANTIMURNEWS - Buah Pepaya  selama ini hanya dikenal masyarakat untuk mengatasi susah Buang Air Besar (BAB), atau melancarkan pencernaan.
 
Ternyata tidak hanya itu. Buah pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.
 
Selain banya memiliki manfaat, buah pepaya juga harganya murah dan mudah didapatkan baik di pasar, warung buah atau dijualan keliling.
 
 
 
Dikutip priangantimurnews.pikiran-rakyat.com dari Instagram @kementerianpertanian Rabu 27 Januari 2022 berikut ini manfaat buah pepaya untuk kesehatan  tubuh yakni:
 
Seperti vitamin A.
Vitamin B.
Vitamin C. 
Vitamin E.
Vitamin K.
 
Buah Pepaya juga mengandung:
Serat
Kalsium
Potasium
Folat
Magnesium
 
 
Buah Pepaya selain kaya serat juga kaya vitamin dan mineral di atas. Pepaya juga mengandung beragam antioksidan, seperti likopen.
 
Sebagian orang mungkin mengenal pepaya hanya sebagai buah yang dapat melancarkan pencernaan saja. Sebenarnya ada beragam manfaat lain yang belum diketahui.
 
Ini 7 fakta mengkonsumsi Buah Pepaya dan baik untuk kesehatan tubuh kita antara lain:
 
1. Buah Pepaya bisa menjaga kesehatan mata, karena buah pepaya diketahui mengandung vitamin A yang baik untuk mata. 
 
Selain itu, kandungan vitamin A dalam buah ini juga dapat menurunkan risiko terjadinya gangguan penglihatan yang berkaitan dengan pertambahan usia, seperti degenerasi makula.
 
 
2. Buah Pepaya juga mampu memelihara kesehatan rambut dan kuku.
 
Banyak vitamin dan mineral yang terkandung di dalam buah pepaya dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan kuku. 
 
Buah pepaya yang memiliki berwarna jingga ini bahkan bisa diolah menjadi masker rambut untuk menyuburkan dan melebatkan rambut.
 
3. Buah Pepaya juga bisa memulihkan kulit yang terbakar sinar matahari 
 
Buah Pepaya mengandung zat antioksidan yang bernama likopen. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung likopen dapat menjaga kesehatan kulit.
 
Hal ini karena likopen dapat menangkal kerusakan sel akibat paparan sinar matahari dan mengurangi kulit kemerahan akibat terbakar sinar matahari.
 
 
4. Mengkonsumsi Buah Pepaya mampu melancarkan pencernaan.
 
Manfaat pepaya yang satu ini tentu tidak asing lagi. Hal ini karena pepaya mengandung tinggi serat dan enzim papain yang membuat protein lebih mudah dicerna. 
 
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa rutin mengonsumsi pepaya diketahui dapat meredakan konstipasi dan perut kembung.
 
5. Buah Pepaya ternyata mampu menjaga kesehatan jantung.
 
Buah Pepaya memiliki kandungan vitamin C dan likopen di dalam pepaya, menjadikan buah ini sebagai salah satu makanan yang baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung. 
 
Selain itu, buah pepaya memiliki kandungan antioksidan dalam pepaya juga dapat meningkatkan efek kolesterol baik (HDL) yang ada dalam tubuh.
 
 
6. Buah Pepaya juga mampu menjaga kesehatan kulit.
 
Berbagai nutrisi dalam buah pepaya mampu membuat kulit tetap sehat dan terlihat muda. 
 
Misalnya, enzim papain yang dapat melembutkan kulit serta vitamin A dan C yang mengurangi kerutan dan memudarkan bintik hitam.
 
Tak hanya itu, buah pepaya juga memiliki kandungan vitamin C juga berfungsi untuk membantu tubuh memproduksi kolagen yang dapat mengurangi keriput di kulit.
 
 
7. Buah Pepaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
 
Buah pepaya kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E membuat pepaya menjadi salah satu buah yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 
 
Dengan demikian, maka kalian yang suka mengkonsumsi buah pepaya akan terhindar dari penyakit infeksi, seperti pilek dan flu.
 
Selain beberapa manfaat, buah pepaya juga dapat mengurangi risiko terkena kanker. 
 
Hal ini berkat kandungan antioksidan likopen yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker.
 
 
Manfaat buah pepaya tak hanya buahnya, daun dari pohon pepaya juga baik dikonsumsi, terutama jika kalian sedang menderita penyakit demam dengue. 
 
Daun pada buah pepaya dipercaya dapat meningkatkan trombosit lebih cepat. Meski demikian, manfaat pepaya yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut.
 
Untuk mendapatkan beragam manfaat pepaya bagi kesehatan tubuh, konsumsilah buah ini secara rutin, misalnya sebagai camilan atau pencuci mulut setelah makan. 
 
 
Untuk mendapatkan keterangan selanjutnya sebaiknya kalian berkonsultasilah dengan dokter jika kalian memiliki penyakit tertentu yang membatasi pilihan makanan yang kalian sukai.***
 
 

Editor: Muh Romli

Sumber: instagram @kementerianpertanian


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x