Bahaya Ciki Ngebul Bagi Kesehatan, Pemprov Jabar Ungkap Darurat Medis

- 11 Januari 2023, 17:02 WIB
Bahaya Ciki Ngebul Bagi Kesehatan, Pemprov Jabar Ungkap Darurat Medis
Bahaya Ciki Ngebul Bagi Kesehatan, Pemprov Jabar Ungkap Darurat Medis /pixabay

PRIANGANTIMURNEWS- Puluhan anak di Jawa Barat keracunan ciki ngebul. Diduga mereka keracunan nitrogen cair yang terdapat dalam jajanan tersebut.

Terkait kasus ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat menetapkan status darurat medis terhadap ciki ngebul tersebut.

Ketua Tim Kerja Surveilans dan Imunisasi Dinkes Jabar, Dewi Ambarwati menjelaskan, dengan status tersebut, pengawasan terhadap kasus ciki ngebul di Jabar ditingkatkan.

Baca Juga: Mengulik 5 Fakta Unik: Trailer Baru Marvel, Ant-Man and The Wasp Quantumania

"Pada 3 Januari 2023 kemarin, kami dapat surat rujukan dari Dirjen Pelayanan Kesehatan, Kemenkes yang menyatakan agar kasus ini merupakan kedaruratan medis," ujar Dewi.

Lewat status darurat medis pula, lanjut Dewi, seluruh rumah sakit dan Puskesmas di Jabar dituntut meningkatkan kewaspadaan dan langsung berkoordinasi dengan Dinkes ketika mendapatkan laporan kasus keracunan akibat ciki ngebul.

"Semua rumah sakit di Jabar ada kasus yang berhubungan dengan konsumsi ciki ngebul dengan mual, muntah, dan berdampak pada lambung mohon dilaporkan," tambahnya.

Baca Juga: Welcome Irfan Jaya! Dikontrak 2 Musim Oleh Persib Bandung!? Cek Faktanya

Dewi menekankan, kasus ciki ngebul di Jabar bukanlah kejadian luar biasa (KLB). Pasalnya, penetapan status KLB memiliki banyak tahap yang harus dilalui seperti adanya peningkatan kasus baru dan berpotensi menjadi wabah.

Halaman:

Editor: Neri Januari Stiani

Sumber: YouTube metrotvnews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x