Kemenkes: Masker Kembali Jadi Senjata Utama Hadapi Ancaman Pneumonia

- 6 Desember 2023, 13:24 WIB
 Ilustrasi seorang perempuan memakai masker saat melakukan aktivitas untuk cegah pneumonia.
Ilustrasi seorang perempuan memakai masker saat melakukan aktivitas untuk cegah pneumonia. /Tangkap Layar Instagram/@folkative/

 

PRIANGANTIMURNEWS - Imran Pambudi, Pemimpin Tim Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular pada Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Selasa 5 Desember 2023 di Jakarta, memperingatkan masyarakat untuk kembali mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker secara disiplin.

Langkah ini diambil menyusul temuan terkait kejadian pneumonia di DKI Jakarta, yang saat ini dalam tahap konfirmasi Dinkes (Dinas Kesehatan) setempat.

Imran Pambudi, mengungkapkan bahwa fasilitas kesehatan melaporkan adanya kasus, dan meskipun Kemenkes masih melakukan konfirmasi terkait jumlah pasien yang dirawat, informasi terbaru menunjukkan bahwa pasien mengalami indikasi ringan dan sedang menjalani perawatan.

Baca Juga: Kenali Dan Waspada Virus Rabies!, Menyerang Manusia Dan Hewan, Ini Indikasi Dan Penetralnya!

Sebelumnya, Imran menjelaskan,bahwa mycoplasma, adalah bakteri penyebab utama wabah pneumonia yang menyerang anak-anak di China, itu merupakan penyebab umum infeksi pernapasan (Ispa) sebelum COVID-19.

Kasus mycoplasma pneumonia juga dilaporkan meningkat sejak Mei 2023, dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendeteksi adanya pneumonia yang belum terdiagnosis, terutama pada anak-anak.

Imran menyoroti delapan rekomendasi WHO untuk mencegah penularan mycoplasma pneumonia, termasuk vaksinasi, menjaga jarak, isolasi mandiri saat sakit, tes medis sesuai kebutuhan, dan penggunaan masker.

Baca Juga: WHO Tetapkan Wabah Cacar Monyet Sebagai Darurat Kesehatan Global

Kedelapan rekomendasi WHO tersebut diantaranya:

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x