Anak Yang Lahir di Bulan Oktober Minim Terpapar Flu, Ini Alasannya!

- 23 Februari 2024, 15:52 WIB
Anak-anak menunggu giliran untuk divaksinasi di SDN Sawah Besar 2, Semarang, Jawa Tengah, Senin 19 Februari 2024/ANTARA FOTO/Makna Zaezar/Spt
Anak-anak menunggu giliran untuk divaksinasi di SDN Sawah Besar 2, Semarang, Jawa Tengah, Senin 19 Februari 2024/ANTARA FOTO/Makna Zaezar/Spt /

PRIANGANTIMURNEWS - Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di Amerika Serikat, tercatat bahwa para anak yang terlahir pada bulan Oktober cenderung lebih sering mendapatkan vaksinasi flu di bulan yang sama dengan memiliki risiko terjangkit influenza yang lebih rendah.

Menurut panduan yang dikeluarkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat, disarankan agar setiap individu yang berusia 6 bulan ke atas agar mendapatkan vaksin influenza setiap tahun, dengan waktu optimal vaksinasi pada bulan September atau Oktober.

Meskipun vaksinasi influenza seharusnya dapat dilakukan sepanjang musim ketika virus masih beredar, umumnya tidak disarankan untuk melakukan vaksinasi pada bulan Juli dan Agustus, kecuali untuk beberapa kelompok tertentu.

Baca Juga: Batuk Tak Kunjung, Ini Lima Macam Bahan Alami Mujarab Meredakan Flu dan Batuk Saat Musim Hujan

Pengecualian diberikan kepada anak-anak yang hanya memerlukan satu dosis vaksin, anak-anak usia 6 bulan sampai 8 tahun yang membutuhkan 2 kadar vaksin (dengan skala awal diberikan dengan segera setelah vaksin tersedia), serta perempuan hamil pada trimester ke 3 selama bulan-bulan tersebut.

Hasil studi yang terbaru dipublikasikan dalam jurnal BMJ, seperti yang dilaporkan oleh Medical Daily, menunjukkan bahwa bulan Oktober dianggap sebagai waktu yang ideal untuk anak-anak menerima vaksin influenza sesuai rekomendasi yang ada.

Dalam studi kuasi-eksperimental terkait vaksinasi influenza pada anak-anak, peneliti menyimpulkan bahwa bulan kelahiran memiliki korelasi dengan jadwal vaksinasi, yang pada gilirannya mempengaruhi frekuensi kunjungan guna perawatan kesehatan preventif.

Baca Juga: Apes! Jelang Final Piala Dunia, 3 Pemain Prancis Terkena Flu Unta

Menurut para peneliti, anak-anak yang lahir di bulan Oktober cenderung menerima vaksinasi pada bulan yang sama, dan sebagai hasilnya, kemungkinan kecil terdiagnosis influenza sesuai dengan pedoman promosi vaksinasi yang mengutamakan bulan Oktober.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x