Anak Remaja Perempuan Memiliki Resiko Tinggi Kena Anemia

- 11 Juni 2024, 10:00 WIB
Anemia Bisa di cegah dan sayangi anak remaja perempuan dengan rutin konsumsi kandungan Zat Besi dan minum TTD./pixabay
Anemia Bisa di cegah dan sayangi anak remaja perempuan dengan rutin konsumsi kandungan Zat Besi dan minum TTD./pixabay /

PRIANGANTIMURNEWS - Jika anda atau para orangtua sangat menyayangi anak remaja terutama anak perempuan, upayakan harus mampu menerapkan pola makan dengan baik. 

Menjaga pola makan yang baik dan benar. Memang tidak mudah. Namun untuk yang ini harus anda lakukan, agar anak anak remaja putri kita terhindar dari penyakit Anemia. 

Karena Anemia dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan, meningkatnya kerentanan terhadap infeksi sistem kekebalan tubuh yang menurun, rentan terhadap keracunan.

Baca Juga: Anemia Bisa di Cegah Rutin Konsumsi Kandungan Zat Besi dan Minum TTD

Ciri-ciri anemia pada remaja putri tidak berbeda dengan gejala yang sering terjadi. Namun ada beberapa gejala yang membedakan anemia pada remaja dan jenis anemia lainnya. 

'Hal ini terjadi dikarenakan perempuan membutuhkan asupan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan dengan laki-laki," ujar Sekertaris Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Suryaningsih di Ruang Kerjanya Selasa 11 Juni 2024.

Pada remaja putri, asupan zat besi tidak hanya digunakan untuk mendukung pertumbuhan, tetapi juga digunakan untuk mengganti zat besi yang hilang melalui darah yang keluar saat mengalami menstruasi di setiap bulan. 

Baca Juga: Makanan yang Dapat Memperburuk Kondisi Anemia Aplastik, Apa Saja? Simak Penjelasan Ini!

Maka dari itu remaja putri berisiko mengalami kekurangan zat besi, yang nantinya dapat berkembang menjadi anemia.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah