Hiasi Nisfu Sya’ban dengan Amalan-amalan Kebaikan Berikut Ini

- 26 Maret 2021, 17:49 WIB
Ilustrasi - Keutamaan malam Nisfu Syaban.
Ilustrasi - Keutamaan malam Nisfu Syaban. /Pixabay/mohamed_hassan/

PRIANGANTIMURNEWS – Bulan Sya’ban merupakan bulan hijriah yang terletak antara Bulan Rajab dan Bulan Ramdahan. Sya’ban artinya bulan yang disandarkan kepada Nabi Muhammad Saw sebagai bulan merawat segala amal-amal yang telah dilakukan.

Di dalam bulan Sya’ban ini terdapat satu malam yang istimewa, yaitu malam nisfu Sya’ban. Nisfu Sya’ban adalah malam penyetoran buku amalan-amalan yang telah dilakukan selama satu tahun.

Nabi Muhammad menganjurkan, di bulan sya’ban ini untuk meperbanyak amalan-amalan kebaikan, seperti yang dikutip priangantimurnews dari beberapa sumber, terdapat beberapa amalan yang bisa dilakukan selama bulan Sya’ban, di antaranya:

Baca Juga: Lima Hal Penting untuk Menjaga Agar Hidup Rukun dalam Kehidupan Bermasyarakat

1. Perbanyak Sholat Sunnah.

Sholat Sunnah adalah sholat yang dilakukan untuk menambah amalan kebaikan-kebaika. Hukum Sunnah artinya jika dilaksanakan mendapatkan pahala, jika tidak dilaksanakan tidak akan mendatangkan dosa.

Sholat sunnah yang biasa dikerjakan pada bulan Sya’ban adalah Sholat sunnah tasbih atau sholat sunnah mutlak.

Para ulama menyebutkan bahwa yang utama pada malam Nisfu Sya’ban adalah melaksanaka sholat tasbih. Hal ini diajarkan Rasulullah Saw kepada pamannya yakni Sayyidina Abbas RA.

Baca Juga: Ketum HMI Cabang Ciamis-Pangandaran Aos Firadus: Jangan Wariskan Kongres Ricuh

2. Berpuasa

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x