Lima Hal Penting untuk Menjaga Agar Hidup Rukun dalam Kehidupan Bermasyarakat

- 26 Maret 2021, 17:35 WIB
Ilustrasi pentingnya hidup rukun dalam bermasyarakat
Ilustrasi pentingnya hidup rukun dalam bermasyarakat /pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS – Hidup bermasyarakat haruslah tetap berasaskan kerukunan, ketentraman, kebahagian dan lain-lain sebagai bentuk persaudaraan sesama agama, atau sesama manusia yang diciptakan oleh Allah Swt.

Jadikan masyarakat sebagai saudara, bahkan keluarga yang tidak memiliki hubungan darah, tetapi memiliki rasa yang sama dalam kebaikan-kebaikan sebagai mahluk sosial.

Agar kehidupan bermasyarakat menjadi rukun, maka perlu adanya sebuah pola atau aturan dalam hidup bermasayarakat, seperti dilansir priangantimurnews dari beberapa sumber, yaitu sebagai berikut:

Baca Juga: Ketum HMI Cabang Ciamis-Pangandaran Aos Firadus: Jangan Wariskan Kongres Ricuh

1. Bermuamalah sesama tetangga
Tetangga merupakan keluarga yang tinggal dekat dengan rumah kita sendiri. Dalam menjalani kehidupan bermasyarakat yang baik, sebaiknya lakukan dengan cara bermuamalah terlebih dahulu dengan tetangga.

Bermuamalah artinya berinteraksi dengan cara jual beli, sewa menyewa, bisnis, masak-masak, dan lain sebaginya.

Dalam syariat Islam, sangat dianjurkan untuk bermuamalah karena Nabi Muhammad Saw pernah menjadi seorang pedagang yang menjajakan barang dagangan milik Siti Khadijah. Dengan bermuamalah tersebut Nabi Muhammad Saw sampai bisa menikahi Siti Khadijah.

Baca Juga: Sehat itu Gak Mahal, Simak Cara Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW

2. Saling menyapa satu sama lainnya
Agar Hidup rukun, tentaram,bahagia, dan sejahtera, alangkah baiknya untuk selalu menyapa atau menjalin komunikasi baik itu secara langsung maupun tidak langsung.

Menjalin komunikasi sangat penting dalam menjaga ikatan bermasyarakat, tanpa adanya komunikasi maka akan terbentang jarak yang sangat jauh dan memisahkan kerukunan yang sudah terjalin.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Berbagai Sumber dan Youtube


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah