Jadwal UM-PTKIN 2021, Berikut Cara dan Syarat Pendaftarannya

- 24 Maret 2021, 10:34 WIB
Ilustrasi pendaftaran UM PTKIN
Ilustrasi pendaftaran UM PTKIN /Instagram @infoumptkin/

PRIANGANTIMURNEWS- Pendaftaran Ujian Masuk Perguran Tinggi Keagamaan  Islam Negeri (UM-PTKIN) 2021 akan resmi dibuka pada tanggal 1 April 2021 mendatang.

Jalur UM-PTKIN merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan secara serentak UIN/IAIN/STAIN seluruh  Indonesia.  Proses seleksi pada jalur UM-PTKIN menggunakan ujian berbasis SSE ( Sistem Seleksi Elektronik).

UM-PTKIN dilaksanakan setelah pengumuman jalur SPAN-PTKIN yang dilaksanakan secara online.

Ada beberapa hal yang harus  disiapkan apabila ingin mendaftar menjadi mahasiswa baru di UIN, IAIN, STAIN. Dengan melalui jalur UM-PTKIN. Adapun persyaratan umum pelamar jalur UM-PTKIN adalah sebagai berikut :

 1.Calon mahasiswa haruslah lulusan tahun 2019, 2020 dan 2021 dari Satuan Pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Muadalah atau yang setara dan memiliki izin dari Kementerian Agama (Kemenag) RI.

2.Lulusan tahun 2019 dan 2020 harus sudah memiliki ijazah. Sementara lulusan tahun 2021 harus mempunyai Surat Keterangan Lulus atau Ijazah dari Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru dan ditandai stempel Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah.

3.Ijazah/Surat Keterangan Lulus akan divalidasi sebelum pelaksanaan ujian.

4.Memiliki kesehatan yang memadai, sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.

 

Berikut cara pembayaran Ujian Masuk PTKIN 2021:

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Berbagai Sumber dan Youtube


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x