Kuliah di Jurusan KPI, Inilah Jenjang Karir Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam

- 19 Februari 2021, 06:45 WIB
Ilustrasi. Kuliah
Ilustrasi. Kuliah /PIXABAY/Quince Creative

PRIANGANTIMURNEWS- Sedikit mengulas mengenai dunia perkuliahan, inilah Jurusan berbasis islam yang diminati oleh para pendakwah dijaman modern.

Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) adalah salah satu jurusan yang berada di bawah naungan Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang berada di universitas atau institut yang berbasis islami, seperti Institut Agama Islam (IAI) atau Universitas Islam (UI) baik itu berbasis Negeri ataupun Suwasta.

Baca Juga: Wow, 38 Pegawai Samsat Ciamis Terpapar Covid-19

Pada dasarnya, KPI adalah jurusan Ilmu Komunikasi. Namun, karena ada di kampus Islam, namanya ditambah “Penyiaran Islam” sehingga menjadi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI).

Di jurusan ini, mahasiswa dibekali ilmu dan keterampilan berkomunikasi untuk kepentingan syi’ar Islam (dakwah). Penyiaran Islam artinya penyebarluasan pesan-pesan keislaman.

Jika diinggriskan, Penyiaran Islam menjadi Islamic Broadcasting yang bermakna menyiarkan Islam di radio, televisi, dan film serta internet atau lembaga penyiaran Islami (radio, tv, dan film dakwah).

Baca Juga: Basement BEC Bandung Terbakar, Api Diduga dari Genset

Berdasarkan kurikulum di jurusan KPI, mahasiswa belajar atau mendalami dua hal: Islam dan Komunikasi, yakni mendalami ilmu agama Islam dan keterampilan menyebarkannya melalui media.

Karenanya, mahasiswa KPI tidak hanya mendalami Al-Quran dan Al-Hadits sebagai dua sumber utama ajaran Islam, tapi juga mempelajari keterampilan komunikasi, terutama  jurnalistik dan penyiaran (broadcasting).

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x