Amarah Sering Meledak-ledak, Ini 8 Cara Meredakan Marah dengan Efektif dan Mudah

- 23 Maret 2021, 15:08 WIB
ilustrasi mudah marah jika merasakan kekecewaan
ilustrasi mudah marah jika merasakan kekecewaan /pexels/


PRIANGANTIMURNEWS – Marah selalu datang saat kenyataan berbanding terbalik dengan apa yang kita harapkan, dari situ muncul rasa kecewa kemudian marah kepada diri sendiri bahkan menyalahkan orang lain.

Marah datangnya dari bisikan setan yang ingin menjerumuskan kita ke dalam kekufuran dan kemaksiatan yang sangat dilarang oleh Allah Swt.

Marah erat dengan kaitan perasaan emosi yang memuncak dan dipengaruhi oleh suasana hati. Suasana hati yang sedang sedih, marah, senang, dan gembira merupakan contoh dari macam-macam emosi.

Baca Juga: Manfaat Jahe untuk Kesehatan, Salah satunya Bisa Cegah Gangguan Degeneratif

Agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan diri sendiri, sebaiknya redakan amarah yang ditimbulkan oleh emosi dengan 8 cara di bawah ini, sebagaimana dilansir priangantimurnews.com dari beberapa sumber.

1. Membaca Ta’awudz
Bacaan Ta’awudz adalahh bacaan agar saat kita marah tidak diiringi dengan amarah dari syetan atau iblis yang terkutuk.

Bacaan ini berdasarkan dalam suatu hadits, Rasulullah Saw bersabda: “Sungguh, aku akan mengajari suatu kalimat, yang apabila ia mengucapkannya maka akan hilang apa yang ia dapatkan (marah). Jika ia membaca, Auudzubillahi minasy syaitaanir rajiim, niscaya hilanglah apa yang ia dapatkan.” (H.R Ahmad, Bukhari, dan Muslim).

2. Menjaga Lisan dengan Diam
Saat dalam keadaan marah, panca indera yang sangat sulit untuk dikendalikan adalah perkataan.

Dalam Perkataan bisa membuat semua orang menjadi sasaran amarah, bisa jadi itu perkataan yang tidak pantas kita ucapkan. Sehingga, alangkah baiknya untuk diam.

Ada sebuah peribahasa mengatakan diam adalah emas. Emas disini artinya diam saat amarah sedang memuncak. Sebuah hadits juga mengatakan dari Ibnu Abbas RA, Rasulullah Saw bersabda: “Jika kalian marah, diamlah,” (H.R Ahmad).

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Berbagai Sumber dan Youtube


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x