Manfaat Jahe untuk Kesehatan, Salah satunya Bisa Cegah Gangguan Degeneratif

- 23 Maret 2021, 14:42 WIB
Berikut manfaat jahe untuk mengatasi gangguan pencernaan hingga perut kembung karena kaya akan vitamin A
Berikut manfaat jahe untuk mengatasi gangguan pencernaan hingga perut kembung karena kaya akan vitamin A /Pixabay

PRIANGANTIMURNEWS – Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang dihasilkan oleh bangsa Indonesia dan diburu oleh negara lainnya.

Jahe bukan hanya sekedar bumbu dapur saja, namun juga dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, dimana sudah dipercaya sejak beradab-abad lamanya.

Kesehatan tubuh juga harus dijaga secara luar dan dalam. Jika secara luar dengan melakukan olahraga rutin di pagi hari, maka secara dalam adalah salah satunya mengonsumsi minuman yang mengandung jahe.

Baca Juga: Ingin Bahagia Jalani Kehidupan, Ini Kunci Agar Hidupmu selalu Bahagia

Menurut ilmu kesehatan, jahe termasuk ke dalam tanaman herbal anggota Zingiberanceae. Dilansir priangantimurnews.com dari beberapa sumber, beberapa manfaat jahe untuk kesehatan, di antaranya sebagai berikut:

1. Mencegah Gangguan Degeneratif

Gangguan degeneratif adalah gangguan yang dialami oleh para lansia (lanjut usia) yaitu radang sendi dan rematik. Menurut Jurnal dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health mengenai jahe berpotensi mengobati gangguan degeneratif.

2. Meredakan Nyeri Haid

Wanita yang sedang menstruasi terkadang mengalami keluhan karena sakit atau nyeri yang ditimbulkan bersama mengalirnya darah menstruasi, untuk menanggulanginya sebaiknya mengonsumsi minuman yang mengandung jahe secara rutin.

Khasiat jahe tak beda jauh dengan obat ibu profen dan asam mefenamat yang mampu mengurangi rasa nyeri.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Berbagai Sumber dan Youtube


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah