PengertianThoharoh dan Alat Yang Bisa Digunakan Thoharoh

- 16 Desember 2021, 12:50 WIB
Ilustrasi Berwudhu.
Ilustrasi Berwudhu. /Diadona/

PRIANGANTIMURNEWS– Thoharoh merupakan cara bersucinya orang islam sebelum melaksanakan ibadah, seperti sholat, megaji dan lain sebagainya.

Pengertian Thoharoh berasal dari Bahasa Arab, satu sinonim dengan kata an-nazafah yang berarti bersih, yaitu bersih dari segala bentuk kotoran, baik yang kasat mata sebagaimana najis ataupun yang abstrak (tidak berwujud) sebagaimana aib.

Sedangkan menurut istilah Thoharoh adalah melakukan ritual ibadah yang dapat menjadi penyebab diperbolehkannya mendirikan sholat, seperti wudu’, tayammum, mandi, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Gunung Semeru Erupsi Lagi, Khofifah: Tetap Waspada dan Jangan Panik

Alat Thoharoh meiputi air, debu, alat penyamak dan batu istinja. Alat Thoharoh ini menurut pendapat ulama’ Mazhab Syafi’I, sementara menurut pendapat ulama Mazhab Hanafi mengeringkan cahaya matahari atau udaa juga merupakan salah satu jenis alat bersuci.

Berikut uraian Alat Thoharoh antara lain:

1. Air

Air terbagi menjadi empat, yaitu:

a. Air suci, mensucikan dan tidak makruh digunakan pada anggota tubuh atau disebut juga air mutlak. Secara definitif, air mutlak adalah air yang tidak memiliki identitas yang menetap, seperti air sumur, air laut, air sungai dan lain-lain, kecuali air teh, jika pindak kemanapun tempatnya akan selalu disebut air teh.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: buku fikih MA kelas 10


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x