Artinya, dan Gambar Kaligrafi Bismillahirrahmanirrahim Arab

- 6 Februari 2022, 19:09 WIB
Ilustrasi tulisan Bismillah dalam bentuk aksara arab dengan dan tanpa harakat yang bisa di-copy lengkap dengan artinya.
Ilustrasi tulisan Bismillah dalam bentuk aksara arab dengan dan tanpa harakat yang bisa di-copy lengkap dengan artinya. /freepik.com/freepik

PRIANGANTIMURNEWS- Bismillahirrahmanirrahim Arab ( tulisan : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم ) merupakan kalimat zikir pembuka dalam Islam untuk sebuah pembicaraan lisan maupun tulisan.

Kalimat ini termasuk dzikir yang sangat utama. Ia memiliki kandungan dan fadhilah / keutamaan yang sangat luar biasa.

Pada kesempatan ini kita akan membahasnya secara lengkap seputar tulisan Arab, artinya, kandungan, dan keutamaan agar kita bisa mengenalnya lebih dalam untuk kemudian mengamalkannya.

Baca Juga: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Resmikan Pusat Budaya Pagerageng

Tulisan Bismillahirrahmanirrahim Arab dan Artinya:

Bismillahirrahmanirrahim berasal dari bahasa Arab بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم yang artinya, “Dengan menyebut nama Allah, Dzat yang Mahapengasih lagi Mahapenyayang.” Jika kita menulisnya tanpa harakat, ia menjadi بسم الله الرحمن الرحيم .

Dalam kitab suci Al-Qur`an, kalimat basmalah ini dapat kita temukan sebanyak 114 kali, yaitu setiap awal surat selain surat At-Taubah, plus satu pada pertengahan surat An-Naml ayat 30, yaitu lafal innahu min sulaimana wa innahu bismillahirrahmanirrahim.

Surat An-Naml ayat 30 menyebutkan tentang surat Nabi Sulaiman alaihis salam yang dikirim kepada ratu Bilqis, bahwa surat itu dimulai dengan basmalah.

Baca Juga: Bacaan Doa Selepas Adzan Lengkap Tulisan Arab, Latin, Arti, dan Penjelasan

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Al Fikry


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x