Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh? Berikut Jadwal Pelaksanaan di Bulan Maret 2022

- 5 Maret 2022, 13:43 WIB
Al-Quran sebagai kitab suci umat Islam. Bulan rajab merupakan bulan yang penuh dengan keistimawaan. Pada bulan ini umat islma dianjurkan untuk melakukan puasa Ayyamul Bidh sunah. Juga mustajab  untuk berdoa
Al-Quran sebagai kitab suci umat Islam. Bulan rajab merupakan bulan yang penuh dengan keistimawaan. Pada bulan ini umat islma dianjurkan untuk melakukan puasa Ayyamul Bidh sunah. Juga mustajab  untuk berdoa / Unsplash @Abdullah Faraz /

PRIANGANTIMURNEWS- Salah satu puasa yang memiliki banyak keutamaan adalah puasa ayyamul Bidh.

Puasa ini merupakan puasa sunnah yang dilakukan Nabi Muhammad di pertengahan bulan Hijriah.

Disebut sebagai puasa sunnah Ayyamul Bidh karena puasa ini dilakukan tiga hari pertengahan bulan Hijriah dimana bulan bersinar terang pada saat itu.

Maka disunnah untuk puasa Ayyamul Bidh di hari 13-14 dan 15 Hijriah.

Baca Juga: Ingin Shalat Istikharah, Ini Doa dan Niat Shalatnya

Rasulullah SAW biasa memerintahkan pada kami untuk berpuasa pada ayyamul bidh yaitu 13, 14 dan 15 (dari bulan Hijriyah). Dan beliau bersabda, "Puasa ayyamul bidh itu seperti puasa setahun." (HR Abu Daud).

Pelaksanaan puasa ayyamul bidh ada yang mengatakan sebagai pusasa putih, menurut riwayat lain, hal ini dikarenakan permohonan nabi Adam AS agar badannya kembali putih akibat diturunkannya Adam As dari Surga.

Makan Allah SWT memerintahkan Nabi Adam AS untuk puasa putih dan badannya kembali putih di hari ke tiga puasa Ayyamul Bidh.

Dilansir Priangantimurnews.com beriku bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh yan jatuh pada 15 Februari 2022:

 نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: APK Kumpulan Doa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah