6 Hal Yang Harus Dipersiapkan Menjelang Ramadhan

- 23 Maret 2022, 09:17 WIB

 

PRIANGANTIMURNEWS- Tidak terasa kurang dari dua pekan lagi bulan Sya’ban berakhir dan umat Islam akan menemui bulan yang amat mulia, bulan yang disebut Nabi sebagai bulan umatnya, Ramadhan.

Untuk menemui bulan itu, umat Islam perlu mempersiapkan diri. Setidaknya, ada enam hal yang perlu dilakukan dalam rangka menyambut kehadiran bulan Ramadhan ini. Rabu 23 Maret 2022.

Pertama, umat Islam perlu menyambut Ramadhan dengan kegembiraan dan kebahagiaan. Karenanya, Muslim sedari bulan Rajab mulai sudah dianjurkan untuk berdoa memohon agar ditemukan dengan bulan Ramadhan.

Baca Juga: Pakar Keselamatan Udara Pelajari Video dan Data Penerbangan Pesawat China Eastern Airline

Kedua, Ramadhan harus disambut dengan pengetahuan yang mendalam mengenai seluk-beluk bulan tersebut dan puasa yang menjadi ibadah wajib sepanjang kehadirannya.

Sebab, puasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap Muslim. Sebagaimana diketahui, sebagai suatu ibadah, puasa mempunyai ketentuan dan aturan yang harus dipenuhi agar dapat dianggap sah secara hukum fikih.

Pengetahuan mengenai rukun dan hal-hal yang membatalkan puasa di dalam menjalankannya wajib dipelajari oleh setiap Muslim. Pun juga berbagai macam kesunahan dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan itu.

Baca Juga: Youtuber Dede Inoen Terkait Video Viral Konten Dibawa Jembatan Kereta API Terancam Dipidana

Adanya pengetahuan tersebut dapat meningkatkan motivasi bagi umat Islam untuk dapat menjalankan ibadah puasa dengan sebaik-baiknya, disertai dengan beragam kesunahan yang tidak ditinggalkannya begitu saja. Hal ini bisa dilakukan dengan banyak membaca, belajar, mengaji, dan bertanya kepada orang-orang yang alim di bidangnya.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: NU


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x