Faedah Puasa di Bulan Ramadhan, salah satunya Bisa Membuat Kita Lebih Perasa

- 30 Maret 2022, 16:54 WIB
Ilustrasi puasa/Puasa Ramadhan memiliki beberapa faedah salah satunya membuat kita menjad i lebih peka
Ilustrasi puasa/Puasa Ramadhan memiliki beberapa faedah salah satunya membuat kita menjad i lebih peka /piaxabay/

PRIANGANTIMURNEWS – Puasa Ramadhan memiliki faedah yang sangat besar selain sebagai bagian dari Ibadah wajib juga banyak manfaat dari puasa Ramadhan.

Dalam kitab, Maqâshid al-Shaum, Sulthân al-Ulamâ’, Imam Izzuddin bin Abdissalam al-Sulami (w. 660 H) mengatakan paling tidak ada tujuh faedah puasa di bulan Ramadan yang satu sama lainnya saling terkait.

Faedah yang dibicarakan di sini adalah soal “pembangunan diri”, baik dari sisi agama (pahala) maupun individu. Tujuh faedah tersebut adalah:

Baca Juga: UPDATE KASUS SUBANG: Bukti-bukti Sudah Ada, Polda Jabar Segera Merilis Nama-nama Tersangkaanya

1. Raf’u al-Darajât (Meninggikan Derajat)

Pandangannya ini didasari oleh beberapa hadits Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam, salah satunya yang mengatakan: “Ketika Ramadhan tiba, dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu-pintu neraka dan setan pun dibelenggu.” (HR Imam Muslim).

Imam Izzuddin memandang taftîh abwâb al-jannah (dibukanya pintu surga) sebagai simbol atau tanda untuk memperbanyak ketaatan (taktsîr al-thâ’ât), terutama yang diwajibkan. (Imam Izzuddin bin Abdissalam al-Sulami, Maqâshid al-Shaum, Damaskus: Darul Fikr, 1992, hlm 12).

Logika sederhananya begini, meskipun pintu surga telah dibuka lebar-lebar, apakah semua orang berhak melintasinya tanpa memperbanyak ketaatan selama bulan Ramadhan dan bulan-bulan setelahnya? Artinya, dibukanya pintu surga merupakan dorongan untuk memperbanyak ibadah.

Baca Juga: KASUS SUBANG: Diduga Pacar Amel dan Kepsek Wahyu Terlibat!!

Apa artinya pintu yang terbuka tanpa ada seorang pun yang berkeinginan untuk memasukinya.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: islam.nu.or.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x