Solusi Ketika Terik dan Haus saat Berpuasa: Mandi untuk Menyegarkan Tubuh?

- 16 April 2022, 16:57 WIB
Ilustrasi mandi saat terik di bulan Ramadhan
Ilustrasi mandi saat terik di bulan Ramadhan /Pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS - Ketika sedang berpergian saat berpuasa, apalagi jika pergi di siang hari, tentu yang dirasakan begitu terik dan haus, sehingga membuat tubuh terasa panas.

Oleh karena itu solusi yang paling bisa hanya diandalkan dengan mandi, bolehkah mandi di siang hari saat berpuasa untuk menyegarkan tubuh?

Sebuah riwayat dari Abu Bakr, beliau berkata, "Sungguh aku melihat Rasulullah SAW di Al-A'roj mengguyur kepalanya, karena keadaan yang sangat haus dan terik, dengan menggunakan air sedangkan beliau dalam keadaan berpuasa," H.R Abu Daud no 2365.

Baca Juga: Kasus Subang Hari Ini: Para Saksi Yakin Sudah Merasa Aman?

Abu Ath-Thoyib mengatakan, " Hadist ini merupakan dalil bolehnya orang yang berpuasa untuk menyegarkan tubuh dari cuaca yang cukup terik dengan mengguyur air pada sebagian atau seluruh badannya.

Inilah pendapat mayoritas ulama dan mereka tidak membedakan mandi wajib, Sunnah dan mubah, 'Anul Ma'bud, 6/352 Asy. Syamilah.

Bukhari membawakan Bab dalam kitab shohihnya "mandi untuk orang yang berpuasa", Ibnu Hajar berkata, "maksudnya adalah diperbolehkannya mandi untuk orang yang berpuasa,".

Baca Juga: Ingat! Jangan Menyakiti Hati Orang Lain

Az-zain Al-Munayir berkata, bahwa mandi disini bersifat mutlak mencakup mandi yang dianjurkan,diwajibkan dan mandi yang sifatnya mubah.

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: Instagram @Mahasiswa.salaf


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah