Cara Aman Berpuasa Bagi Pengidap Diabetes Menurut Anjuran Dokter

- 10 April 2022, 12:00 WIB
Ilustrasi Insulin Bagi Penderita Diabetes
Ilustrasi Insulin Bagi Penderita Diabetes /


PRIANGANTIMURNEWS - Pengidap diabetes tetap dapat berpuasa secara aman dan sehat jika mengikuti aturan yang tepat aturan yang dimaksud meliputi menjaga pola makan.

kontrol gula darah hingga mewaspadai aktivitas fisik yang berlebihan Hal ini penting untuk menghindari hipoglikemia saat menjalani puasa justru lonjakan gula darah ketika berbuka puasa.

Maka dari itu yang mengidap diabetes harus menyimak tips dari Dokter Wismandari Wisnu berikut ini.

Baca Juga: Ide Gila FIFA! Pertandingan 90 Menit akan Menjadi 100 Menit di Piala Dunia 2022

Pada pasien diabetes yang sudah menggunakan obat-obatan itu harus diperhatikan pada saat pasiennya berkuasa ada obat-obatan yang harus dipindahkan minumnya ada juga yang dikurangi atau dihilangkan obatnya.

Misalnya obat yang diminum tiga kali sehari pada saat bulan puasa itu di mbah atau dikurangi menjadi dua kali sehari kemudian obat-obatan yang diminum satu kali sehari itu dipindah yang biasanya di pagi hari itu dipindah menjadi sore hari.

Terutama pada saat setelah buka puasa bagaimana dengan yang insulin Apakah diteruskan, tetap insulin tetap harus diteruskan tetapi dosisnya itu kurangi 10-20 persen dari dosis yang sebelumnya.

Baca Juga: Bagaimana Pemain Muslim Tampil Lebih Bugar Meski Bermain di Bulan Puasa...

Kemudian dosis insulin yang tinggi kali sehari itu juga dikurangi menjadi dua kali sehari intinya peraturan-peraturan perubahan obat-obatan ini baik dan insulin maupun yang diminum itu harus dilakukan atas konsultasi dengan dokter.

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: YouTube VDVC Health


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x