Pakai Baju Baru di Hari Lebaran ini Hadisnya

- 18 April 2022, 23:28 WIB
Ilustrasi baju Lebaran. Ustadz Khalid Basalamah menganjurkan untuk tidak membeli baju Lebaran di 10 hari terakhir Ramadhan. Ini penjelasannya.
Ilustrasi baju Lebaran. Ustadz Khalid Basalamah menganjurkan untuk tidak membeli baju Lebaran di 10 hari terakhir Ramadhan. Ini penjelasannya. /Pexels/Kai Pilger

PRIANGANTIMURNEWS- Menggunakan baju baru di hari lebaran bukan hanya tradisi orang Indonesia tetapi ada hadis yang menjelaskan menggunakan baju baru di hari lebaran. 19 April 2022.

Idul Fitri identik dengan segala sesuatu yang indah dan baru, terutama baju baru.

Dari hal tersebut, muncullah sebuah pertanyaan: apakah memakai baju baru di hari raya Idul Fitri merupakan kesunahan yang dianjurkan Rasulullah SAW? Atau ia hanya merupakan tradisi saja, yang justru bisa memberatkan bagi sebagian orang yang kurang beruntung di hari raya?

Dalam hal berpakaian yang baik saat hari raya, sebenarnya disunnahkan oleh para ulama untuk berhias dengan pakaian terbaik yang dimiliki.

Hal tersebut dilandasi oleh beberapa riwayat yang menceritakan bagaimana para sahabat mencontoh Nabi Muhammad SAW dalam menggunakan pakaian terbaik yang dimiliki ketika hari raya tiba.

Baca Juga: Arab Saudi Tetapkan Batasan Usia Haji, Dirjen PHU: Kita Harus Ikuti

Dalil tersebut adalah hadits riwayat Al Bukhari pada Bab Hari Raya dan Berhias di Dalamnya:

Sungguh Abdullah bin Umar, ia berkata : “Umar mengambil sebuah jubah sutra yang dijual di pasar, ia mengambilnya dan membawanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam dan berkata : “Wahai Rasulullah, belilah jubah ini serta berhiaslah dengan jubah ini di hari raya dan penyambutan. Rasulullah berkata kepada Umar: “sesungguhnya jubah ini adalah pakaian orang yang tidak mendapat bagian ”. (HR. Al Bukhari).

Abu Al-Hasan mennjelaskan dalam Hasyiah As-Sindi ala An-Nasa’i perihal tersebut, bahwa sunnah dan kebiasaan para salaf (orang-orang dahulu):

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x