Amalan-amalan Pada Bulan Muharram: Apakah Haram Menikah di Bulan Muharram?

- 29 Juli 2022, 15:21 WIB
Amalan bulan muharram
Amalan bulan muharram /Pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS - Amalan di Bulan Muharram bukan hanya puasa. Masih ada kepercayaan di Indonesia yang berkaitan dengan bulan Muharram. Hasil penelitian Repository IAIN Kudus misalnya, masih terdapat kepercayaan tidak boleh menikah di bulan Muharram.

Ini karena bulan tersebut dianggap bulan yang memiliki banyak kesialan. Padahal, pernikahan yang dilakukan di bulan Muharram menurut Islam tetap sah, jika syarat dan rukunnya terpenuhi.

Yang tidak boleh adalah meyakini bahwa bulan Muharram yang menjadikan pernikahan tidak langgeng karena keyakinan tersebut termasuk syirik.

Baca Juga: Akhirnya Bharada E Akui Semua Kronologi Kematian Brigadir J yang Sebenarnya

Padahal, bulan Muharram memiliki banyak keutamaan karena merupakan bulan yang mulia di sisi Allah SWT. Dalam Alquran, Allah SWT berfirman:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

"Inna 'iddatasy-syuhụri 'indallāhiṡnā 'asyara syahran fī kitābillāhi yauma khalaqas-samāwāti wal-arḍa min-hā arba'atun ḥurum, żālikad-dīnul-qayyimu fa lā taẓlimụ fīhinna anfusakum wa qātilul-musyrikīna kāffatang kamā yuqātilụnakum kāffah, wa'lamū annallāha ma'al-muttaqī"

Artinya: “Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa," QS At-Taubah: 36.

Baca Juga: Mengejutkan!! Ternyata Ini Fakta Hubungan Ferdy Sambo Dan Brigadir J

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: pecihitam.org


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x