7 Peristiwa Penting Dalam Islam yang Terjadi Pada Bulan Muharram

- 29 Juli 2022, 15:07 WIB
Ilustrasi Peristiwa pada bulan Muharram
Ilustrasi Peristiwa pada bulan Muharram /Pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS - Menjadi bulan pertama dalam kalender hijriyah, banyak peristiwa di bulan Muharram yang terjadi dan menambah tulisan sejarah dalam perkembangan Islam.

Ini juga merupakan bulan yang mulia dalam pandangan Allah SWT. Bulan Muharram juga memiliki berbagai keutamaan yang harus diketahui oleh umat Islam.

Dalam bahasa Arab, Muharram (المحرم) berasal dari kata haram (حرم) yang artinya suci atau terlarang. Dinamakan Muharram, karena sejak zaman dulu pada bulan tersebut dilarang berperang dan membunuh.

Baca Juga: Kasus Subang Hotnews: Mulai Terungkap Fakta Baru Ini Mengarah Ke Pelaku Pembunuh Tuti & Amel!!

Larangan itu terus berlaku hingga Islam datang. Bangsa Arab baik sebelum atau sesudah Islam datang, tidak memiliki angka tahun. Mereka biasa menamakan tahun dengan peristiwa besar yang terjadi.

Misalnya ada tahun yang disebut tahun gajah, karena di tahun tersebut terjadi peristiwa pasukan gajah di bawah pimpinan Abrahah yang akan menghancurkan Ka’bah.

Pada tahun ketiga masa pemerintahan Umar bin Khattab RA ada masalah tentang tidak adanya sistem penanggalan. Akhirnya, Umar kemudian menerbitkan kalender Islam.

Baca Juga: Kasus Brigadir J Terbaru : Kabar Buruk Bagi Keluarga Perihal Hasil Otopsi Ulang Jenazah

Setelah bermusyawarah dengan para sahabat, Umar memutuskan bahwa awal kalender Islam dimulai dari tahun hijrahnya Rasulullah. Karenanya kalender Islam dikenal dengan nama kalender hijriyah.

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: YouTube @ZULFIKAR.TGK


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x