Jum'at Berkah: Inilah Rahasia dan Cara Memotong Kuku Menurut Ustadz Adi Hidayat!

- 3 Maret 2023, 10:42 WIB
Rahasia cara memotong kuku menurut Ustadz Adi Hidayat.
Rahasia cara memotong kuku menurut Ustadz Adi Hidayat. /Orami/


PRIANGANTIMURNEWS - Hari Jumat merupakan penghulu dari seluruh hari dalam seminggu. Di hari Jum'at ini banyak sekali berkahnya.

Hari Jum'at juga memiliki keutamaan yaitu salah satunya adalah setiap muslimin di wajibkan untuk melaksanakan Sholat Jum'at.

Sebelum berangkat ke Masjid untuk melaksanakan Sholat Jum'at, dianjurkan untuk mensucikan diri dengan mandi, berwudhu dan memakai wangi-wangian. Dianjurkan pula untuk memotong kuku.

Baca Juga: Mengejutkan! Klarifikasi PT LIB Terkait Laga Persija Vs Persib Ditunda, Ternyata Memiliki 2 Alasan Kuat

Ternyata memotong kuku di dalam Islam ada aturan dan urutannya. Hal ini disampaikan oleh Ustadz Adi Hidayat dalam kanal YouTube Ustadz Adi Hidayat Official yang dilansir Priangantimurnews.com pada hari Jum'at, 3 Maret 2023.

"Memotong kuku yang baik sudah diisyaratkan oleh para ulama. Al Imam Al Nawawi telah mengajarkan konteks memotong kuku kepada kita" ujar Ustdaz Adi Hidayat.

Lalu bagaimana cara memotong kuku yang benar menurut sunah? Berikut cara dan aturannya.

Dari sepuluh jari di kedua tangan, kuku yang terlebih dahulu adalah kuku di tangan sebelah kanan.

Baca Juga: Galian C Ilegal di Pangandaran Boleh Ditutup, ESDM Jabar: Polisi Harus Respontif

"Kita memulai memotong kuku dari jari telunjuk terlebih dahulu. Dari telunjuk kemudian ke jari kelingking, lalu ke jari manis, jari tengah dan jempol atau ibu jari" ujar Ustadz Adi Hidayat.

Sementara untuk kuku di jari tangan kiri lain lagi urutannya.

"Untuk kuku jari tangan sebelah kiri, memotong kuku dimulai dari jari kelingking, jari manis, jari tengah, telunjuk dan ibu jari" lanjutnya.

Untuk kuku di jari kaki, menurut Ustadz Adi Hidayat memotong urutannya sama dengan kuku di jari tangan.

Baca Juga: Cilok 'Mang Tata' Kuliner Jadul yang Tetap Disukai Semua Kalangan

Sementara untuk potongan-potongan kuku yang sudah kita potong, masih menurut Ustadz Adi Hidayat dianjurkan untuk dikubur.

"Walaupun anjuran mengubur potongan kuku itu bukan wajib tapi hal ini ada tujuannya. Yakni menghormati bagian tubuh kita yang sudah Allah SWT ciptakan. Tujuan yang lain adalah menghindari mudharat yang tidak tampak" lanjut Ustadz Adi Hidayat.

"Mudharat yang tidak kelihatan contohnya adalah menghindari dari perbuatan tukan sihir yang dalam praktek nya sering menggunakan potongan kuku" pungkas Ustadz Adi Hidayat.

Itulah cara dan urutan memotong kuku yang disunahkan dilakukan pada hari Jum'at menurut Ustadz Adi Hidayat. Semoga bermanfaat.***

Baca Juga: Ciri-ciri Penyebab Tubuh Kekurangan Gula Darah, Segera Cek Ada Apa Aja Itu ?

Editor: Sri Hastuti

Sumber: YouTube Adi Hidayat Official


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x