Bulan Muharram Banyak Memiliki Keutamaan, Ini Penjelasan dari Ustadz Shufi ZM!

- 23 Juli 2023, 16:55 WIB
  Ustadz Shufi ZM, da'i muda Kota Tasikmalaya/Ade Advian Achmad/priangantimurnews/PRMN.
Ustadz Shufi ZM, da'i muda Kota Tasikmalaya/Ade Advian Achmad/priangantimurnews/PRMN. /
 
PRIANGANTIMURNEWS- Baru beberapa hari umat Muslim di dunia memasuki Tahun Baru 1445 Hijriah.

Tahun Hijriah dimulai pada 1 Muharram. Bicara mengenai Bulan Muharram ternyata banyak orang yang belum mengetahui  keutamaan yang dimiliki pada bulan ini.

Keutamaan dari Bulan Muharram ini disampaikan oleh Da'i Muda yakni Ustadz  Shufi ZM, M.Qh, CLQ kepada priangantimurnews.pikiranrakyat.com pada Ahad 23 Juli 2023.
 
Baca Juga: Gebyar Muharram Desa Karangmekar Karangnunggal, Bukti Sinergitas Antara Ulama dan Umara!

Ustadz Shufi ZM memaparkan bahwa Bulan Muharram selain salah satu bulan di tahun Hijriah, bulan ini juga termasuk bulan yang dimuliakan Allah.

Hal ini kata Ustadz Shufi ZM dipertegas dengan firman Allah dalam Qur'an Surah At-Taubah Ayat 36. Dalam Surat At-Taubah Ayat 36 tersebut dijelaskan bahwa ' jumlah bulan itu ada 12 dalam ketentuan Allah sewaktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya ada 4 bulan haram '.

" Maksud ada bulan haram disini adalah diharamkan saling menganiaya, saling perang, saling membunuh. Dan Allah memuliakan ke empat bulan itu, " ujar Ustadz Shufi ZM atau lebih dikenal sebagai Aa Ustadz ini.
 
Baca Juga: Tahun Baru Islam 2023 Jatuh Pada Tanggal Berapa? Cek Ini Penetapan 1 Muharram 1445 H

" Nah.. diantara ke empat bulan itu salah satunya adalah Bulan Muharram. Karena pada bulan itu diharamkan terjadinya peperangan, " lanjut Aa Ustadz yang merupakan narsum program 'Assalamu'alaikum Nusantara' di Stasiun TV One ini.

Da'i muda kelahiran Sumedang 13 Juli 1985 yang kini menetap di Kota Tasikmalaya ini kemudian memaparkan mengenai keistimewaan Bulan Muharram yang belum banyak diketahui.

" Kalau kita melihat dari Tafsir Ibnu Katsir bahwa Bulan Muharram ini adalah bulan yang banyak sekali keutamaan bahkan keistimewaan, " lanjut Aa Ustadz yang juga merupakan owner Rumah Sakit Al Hikmah ini.

Da'i muda yang ketika menyampaikan dakwahnya ini kerap diselingi dengan hiburan sulap, lebih lanjut menjelaskan mengenai beberapa keutamaan dari Bulan Muharram.
 
Baca Juga: Mulai Hari Ini, Berikut Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh 13-15 Muharram 1444 H atau 11-13 Agustus 2022

Keistimewaan dari Bulan Muharram yang pertama kata Ustadz Aa adalah pada 10 Muharram ada peristiwa yakni nabi Musa AS selamat dari kepungan Bani Israil dan Raja Fir'aun.

Masih pada 10 Muharram, Raja Fir'aun dan pengikutnya mati tenggelam di Laut Merah. Di 10 Muharram juga dimana Allah menjadikan Langit dan Bumi. Nabi Adam AS dan Siti Hawa diciptakan Allah pada 10 Muharram sekaligus pada tanggal ini taubat Nabi Adam AS diterima Allah SWT.

" Di tanggal 10 Muharram juga Nabi Musa menerima wahyu dari Allah berupa kitab Taurat, Allah membebaskan Nabi Yusuf dari penjara dan Allah menyembuhkan penyakit Nabi Ayub, " lanjut Aa Ustadz yang aktif di Komunitas Bikers Subuhan Tasikmalaya ini.

" Masih pada 10 Muharram, ada peristiwa penting lainnya yakni Allah menyelamatkan Nabi Yunus AS dari perut ikan setelah 40 hari 40 malam, " tambah Aa Ustadz yang rutin menjadi nara sumber di Style Radio ini.
 
Baca Juga: Puasa Ayyamul Bidh Bulan Muharram 1444 H, Mulai Tanggal 11,12 dan 13 Agustus, Lengkap Niat Puasa dan Artinya

Aa Ustadz yang juga 'Direktur Laa Raiba Learning Centre' ini diakhir paparannya menegaskan bahwa Bulan Muharram juga merupakan bulannya Allah atau Syahrullah. Kedudukan ini tidak dimiliki oleh bulan-bulan lainnya.

" Dan satu hal yang tak kalah penting adalah hati-hati! Allah pada bukan Muharram ini melarang berbuat kedzaliman karena bulan ini disucikan Allah, " tegas Aa Ustadz yang juga merupakan anggota dari Ikatan Da'i Muda Indonesia (IDMI) Kota Tasikmalaya ini.

" Bukan berarti di bulan lain boleh melakukan kedzaliman tetapi makna disini adalah Allah akan lipatgandakan balasan bagi yang berbuat kebaikan atau juga yang berbuat kedzaliman, " pungkas Aa Ustadz yang punya motto : BBB (Berisi, Berbagi, Bermanfaat) ini. ***

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x