Terkena Serangan Bom Tandan Dilakukan Ukraina, Wartawan Rusia Tewas

- 23 Juli 2023, 11:27 WIB
/

RIANGANTIMURNEWS -Seorang wartawan perang asal Rusia tewas Sabtu 22 Juli 2023 tewas diduga akibat serangan Ukrainan yang menggunakan nomor tandan.

Selain menewaskan seeloeang waetawan, serangan bom tandan Ukraina tersebut juga menyebabkan tiga orang mengaku luka.

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, Rostislav Zhuravlev, wartawan kantor berita pemerintah Rusia RIA, dilaporkan meninggal dalam perjalanan ketika dievakuasi, sedangkan tiga wartawan yang terluka telah dipindahkan dari lokasi serangan di Zaporizhzhia, Ukraina tenggara.

Baca Juga: Pasca Kudeta Tentara Wagner Gagal, Dua Jenderal Besar Rusia Dikabarkan Hilang!

Kementerian itu tidak menunjukkan bukti bahwa Ukraina telah menggunakan bom tandan (cluster bomb) dalam serangan tersebut, dan Reuters tidak dapat mengecek kebenaran pernyataan itu.

Ukraina menerima bom tandan dari Amerika Serikat bulan ini dan berjanji menggunakannya hanya untuk memecah titik konsentrasi pasukan musuh.

Banyak negara melarang penggunaan senjata itu karena dapat menyebarkan bom-bom lebih kecil di wilayah yang luas dan membahayakan warga sipil.

Beberapa jenis bom tersebut terkadang gagal meledak setelah dijatuhkan, tetapi masih dapat meledak bertahun-tahun kemudian.

Baca Juga: Jerman vs Ukraina di Pertandingan Persahabatan: Pratinjau, Jadwal, H2H, Prediksi Skor

Wakil ketua majelis tinggi parlemen Rusia, Konstantin Kosachyov, menyebut penggunaan bom tandan “tidak manusiawi”. Dia menuntut Ukraina dan AS bertanggung jawab atas insiden itu.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x