Ustadz Yayat Ruhiyat Ar-Rasyid: Sedekah Bukan Hanya Berbentuk Uang!

- 19 Januari 2024, 10:05 WIB
Ketua Yayasan Rumah Tahfidz Aksara Qur'an Ar-Rasyid Garut Jawa Barat,Ustadz Yayat Ruhiyat Ar-Rasyid/Ade Advian Achmad/priangantimurnews/PRMN
Ketua Yayasan Rumah Tahfidz Aksara Qur'an Ar-Rasyid Garut Jawa Barat,Ustadz Yayat Ruhiyat Ar-Rasyid/Ade Advian Achmad/priangantimurnews/PRMN /

PRIANGANTIMURNEWS - Sedekah dalam Islam memiliki kedudukan yang tinggi dan agung.Sedekah juga memiliki nilai yang tinggi dalam kehidupan sosial kemasyarakatan.

Apabila seorang muslim atau muslimah bersedekah kepada orang-orang yang susah, fakir miskin,orang dalam kesulitan dan dilakukan dengan ikhlas karena Allah maka Insha Allah hal ini akan menjadi dakwah Islam. Dan sudah barang tentu akan menjadi amal sholeh bagi pelakunya.

Disebagian masyarakat,sedekah atau sodaqhoh masih diidentikan dengan memberi uang. Hal ini tidak sepenuhnya salah.Tetapi sedekah hakikatnya lebih luas dari memberi uang.

Baca Juga: Memasuki Bulan Rajab di Hari Senin Pertama, Para Muhibbin Dianjurkan Berpuasa, Ini Fadhilah dan Niatnya!

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ustadz Yayat Ruhiyat Al Rasyid kepada priangantimurnews.pikiranrakyat.com pada Kamis,18 Januari 2024.

"Shodaqoh atau sedekah itu banyak mencakup berbagai hal tidak hanya berbentuk uang saja,"ujar Ustadz Yayat Ruhiyat memulai bahasannya.

"Selain yang berbentuk uang,ada beberapa perbuatan yang termasuk ke dalam sedekah.Yang pertama berbuat kebaikan dengan menyingkirkan sesuatu di tengah jalan yang bisa membahayakan orang ini termasuk sedekah,"lanjut Ustadz Yayat.

Baca Juga: Hati-Hati! Kesombongan Akan Membawa Manusia Kedalam Kehinaan dan Kenistaan

"Menyingkirkan sesuatu di tengah jalan yang bisa membahayakan orang diperkuat dengan hadist Baginda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari Rosulullah SAW bersabda: 'Kamu menyingkirkan batu,duri dan tulang di tengah jalan adalah sedekah bagimu'. Yang kedua adalah senyum,"lanjut Yayat.

Halaman:

Editor: Rahmawati Huda


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x