Keberkahan dan Keistimewaan Sahur di Bulan Ramadhan, Simak 2 Aspek Penting Dalam Sahur!

- 14 Maret 2024, 08:00 WIB
Ilustrasi Makan Sahur/harakatuna.com
Ilustrasi Makan Sahur/harakatuna.com /

 

PRIANGANTIMURNEWS - Selama bulan Ramadhan, umat Muslim diberkahi dengan kesempatan istimewa untuk mendekatkan diri kepada Allah melalui berbagai amal ibadah yang diajarkan-Nya.

Salah satu praktik yang terkadang terabaikan adalah Makan Sahur, yang sebenarnya memiliki keistimewaan tersendiri yang layak dipahami.

Makan sahur merupakan tradisi yang dijalankan umat Muslim dalam bulan Ramadhan. Ini merupakan waktu sebelum fajar dimana umat Muslim dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman agar memiliki energi cukup untuk melaksanakan puasa di sepanjang hari.

Baca Juga: Hal Penting Harus Diperhatikan Dari Shalat Tarawih, Dikerjakan Berjamaah Bisa Juga di Rumah

Makanan yang biasa dikonsumsi beragam, mulai dari yang berserat tinggi seperti sereal dan buah-buahan sampai protein semisal telur serta daging.

Lebih dari sekadar kegiatan mengisi perut, sahur juga menjadi momen berharga untuk bersama keluarga, menguatkan ikatan batin, dan memohon berkah dari Allah sebelum memulai puasa.

Dengan menjalankan sahur, umat Muslim dapat memelihara kesehatan dan semangat untuk beribadah puasa selama bulan Ramadhan. Rasulullah saw menyatakan keberkahan sahur dengan sabda beliau: "Bersegeralah kalian sahur karena dalam sahur terdapat berkah." (Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: Inilah 7 Keutamaan Makan Sahur yang Perlu Diketahui

Halaman:

Editor: Rahmawati Huda


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x