Cara Berhenti Merokok! Tekad dan Komitmen, Nutrisi Baik Pola Makan Seimbang Jadi Pendukungnya

- 13 Maret 2024, 07:33 WIB
Ilustrasi makanan bernutrisi/peluang keberhasilan dalam berhenti merokok/ANTARA/Pexels/Jane Doan/
Ilustrasi makanan bernutrisi/peluang keberhasilan dalam berhenti merokok/ANTARA/Pexels/Jane Doan/ /

PRIANGANTIMURNEWS - Menyadari pentingnya berhenti merokok, Hindustan Times pada hari Senin 11 Maret 2024 menyebutkan bahwa mengubah kebiasaan ini dapat menjadi perjalanan yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan mental Anda.

Selain tekad dan komitmen, nutrisi yang baik dan pola makan seimbang juga memiliki peran signifikan dalam mendukung perubahan ini.

Dr. Neeti Sharma, seorang Konsultan Senior - Nutrisi & Diet di Rumah Sakit Marengo Asia, menekankan bahwa menerapkan pola makan yang sehat dapat meningkatkan peluang keberhasilan dalam berhenti merokok.

Baca Juga: Menjaga Pola Makan Selama Puasa Ramadhan, Simak Apa Kata Pakar Gizi!

Dalam menjalani proses yang menantang ini, disarankan untuk memasukkan makanan kaya nutrisi ke dalam rutinitas harian, karena hal ini dapat membantu menyehatkan tubuh dan mengatasi kecanduan tembakau.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, penting untuk menginkorporasi berbagai jenis buah dan sayuran yang mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral. Beberapa contoh termasuk buah beri, buah jeruk, sayuran berdaun hijau, dan wortel.

Antioksidan yang terkandung dalam makanan ini berperan penting dalam melawan dampak stres oksidatif yang dipicu oleh kebiasaan merokok, serta membantu dalam proses perbaikan sel.

Baca Juga: Daun Kelor Dapat Atasi Stunting dan Anemia, Sebagai Makanan Tambahan Untuk Balita

Selain itu, disarankan untuk memasukkan sumber asam lemak omega-3, seperti ikan berlemak (seperti salmon dan mackerel), biji rami, dan kenari dalam menu harian.

Halaman:

Editor: Rahmawati Huda

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x