Produk Perawatan Wajah Buat Bumil, Jangan Gunakan Berbahan Aktif Tretinoic Acid

- 27 Februari 2024, 05:41 WIB
Ilustrasi - Ibu hamil menyiapkan produk perawatan kulitnya/ANTARA/Pexels/Yan Krukau/am.
Ilustrasi - Ibu hamil menyiapkan produk perawatan kulitnya/ANTARA/Pexels/Yan Krukau/am. /


PRIANGANTIMURNEWS - Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan perawatan wajah dan inovasinya telah mengalami kemajuan pesat, menarik minat banyak orang, terutama wanita, untuk mencoba berbagai inovasi tersebut.

Namun, perhatian khusus diperlukan dalam pemilihan perawatan wajah bagi kelompok yang rentan semisal ibu hamil dan menyusui, agar seimbang dengan perubahan yang terjadi pada tubuh mereka.

Menyikapi kebutuhan tersebut, dr. Arieta Sari, seorang dokter spesialis Dermatologi, memberikan rekomendasi perawatan wajah yang aman bagi ibu hamil, dengan tujuan untuk menjaga kesehatan pada kulit wajah mereka.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Jantung dengan Konsumsi Ramuan Herbal dari Santan dan Madu, Resep dari dr. Zaidul Akbar

"Sebaiknya, ibu hamil menggunakan produk perawatan dasar yang telah tersedia di pasaran. Paling penting, hindari penggunaan produk yang mengandung bahan aktif tretinoin acid (vitamin A murni), sebab tidak dianjurkan untuk ibu hamil," ungkap dr. Arieta di Jakarta, pada hari Minggu 25 Februari 2024.

Secara umum, perawatan dasar wajah yang aman bagi ibu hamil dapat dibagi menjadi dua waktu, yaitu pagi dan malam hari.

Pada pagi hari, dokter Arieta memberikan penjelasan mengenai produk perawatan untuk ibu hamil. Rangkaian produk tersebut melibatkan penggunaan pembersih seperti sabun muka, diikuti dengan serum, kemudian pelembab, dan diakhiri dengan tabir surya ataupun sunscreen.

Baca Juga: Resep Es Campur yang Sehat dan Kaya Manfaat dari dr. Zaidul Akbar, Tanpa Ribet, Silahkan Dicoba

Sementara itu, untuk perawatan malam hari, disarankan menggunakan serum yang mengandung bahan aktif pencerah.

Dalam konteks perawatan wajah di klinik untuk ibu hamil, dokter Arieta menekankan pentingnya untuk menghindari metode perawatan injeksi seperti halnya skin booster.

Halaman:

Editor: Rahmawati Huda

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x