Hari Perempuan Internasional 8 Maret 2021, Inilah 5 Sosok Perempuan Hebat Inspiratif Indonesia

- 8 Maret 2021, 12:17 WIB
Poster Hari Wanita Internasional 8 maret 2021
Poster Hari Wanita Internasional 8 maret 2021 /Twiter @Joko Widodo/

PRIANGANTIMURNEWS- Dunia merayakan Hari Perempuan Sedunia (International Women's Day) pada Senin 8 Maret 2021. Hari spesial ini didedikasikan bagi perjuangan kaum hawa di seluruh dunia.

Perempuan terus memperjuangkan hak mereka agar tidak dikesampingkan di berbagai bidang, termasuk dalam kepemimpinan. Bermula dari satu abad lalu, para aktivis wanita menuntut hak pilih, dan kini makin banyak pemimpin wanita berprestasi di dunia.

Di Indonesia tidak sedikit wanita yang sukses dan menjadi sosok perempuan hebat dan insfiratif bagi masyarakat nya, terutama bagi masyarakat hawa Indonesia.

Baca Juga: Diterjang Hujn Deras Pohon Tumbang, Mobil Pickup Rusak Tertimpa Pohon

Selain RA. Kartini yang dikenang namanya setiap tahun berkat semangatnya memperjuangkan emansipasi wanita. Sekitar tahun 1800 hingga 1900-an, terjadi ketidakadilan terhadap kedudukan wanita di Indonesia.

Gak cuman di zaman dulu, wanita di era modern juga banyak yang berjasa serta inspiratif. Siapa saja ya mereka? Inilah 5 tokoh wanita Indonesia yang berpengaruh besar terhadap kemajuan emansipasi wanita.

1. Susi Pudjiastuti

Meski hanya lulusan SMP, Susi Pudjiastuti mampu menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia periode 2014-2019 dan dikenal sebagai salah satu Menteri yang tegas.

Baca Juga: Serikat Pekerja Myanmar Kembali Mogok kerja saat Tindakan Keras Myanmar Kian Meningkat

Ketegasan dan kecerdasannya terhadap masalah di sektor kelautan Indonesia membuatnya dinobatkan sebagai wanita inspiratif oleh BBC pada tahun 2017.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: twiter@jokowi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x