Puluhan Kendaraan Dinas Hilang, Ada yang Dicuri, Ada juga yang Dibawa Pejabat Pensiun

- 7 Januari 2021, 09:51 WIB
ILUSTRASI mobil dinas.
ILUSTRASI mobil dinas. /ANTARA

PRIANGANTIMUR NEWS - Puluhan kendaraan dinas milik Pemerintah Kabupaten Bekasi dilaporkan hilang. Hilangnya kendaraan dinas itu ada yang karena dicuri, ada juga yang masih dibawa karyawan yang sudah pensiun.

Kepala Bidang Aset pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Bekasi, Asep Setiawan, Rabu (6/1/2021) mengatakan ada sekitar 70 kendaraan yang hilang.

Baca Juga: 300 Hektare Tanaman Padi Terendam Banjir, Petani Terancam Gagal Panen

Beberapa sudah diganti, ada juga yang ganti ruginya masih dicicil dengan cara potong gaji atau tunjangan.

Dari hasil temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kendaraan yang tidak diketahi keberadaannya itu nilainya mencapai Rp 9.697.122.092.

Terkait hal tersebut, Asep mengaku perlu penertiban menyeluruh tentang kepemilikan kendaraan dinas. Sejumlah organisasi perangkat daerah pun telah dikirimi surat agar menginventarisasi keberadaan kendaraan dinas.

Baca Juga: Tiga Orang Tewas Terpanggang Api, Satu di Antaranya Anak Balita

Menurut dia, selain lemahnya sistem pencatatan, kesadaran para pegawai yang memakai kendaraan dinas pun harus ditingkatkan. Soalnya, tidak sedikit kendaraan yang turut pensiun ketika pegawainya pensiun.

“Jadi yang pensiun itu pegawainya, mobilnya masih dipegang. Terus misalkan pegawainya dipindah ke dinas lain, mobilnya ikut dibawa. Padahal itu mobil tercatat di dinas sebelumnya. Realita itu terus terjadi sampai mobil dicatat di dinas A, tapi penguasaannya di dinas B, C, D,” ucap Asep seperti dikutip Priangantimurnews dari Pikiran rakyat, Kamis 7 Januari 2021.

Dari hasil penelusuran sementara, sebanyak 81 kendaraan yang menjadi temuan BPK itu, beberapa di antaranya masih dikuasai oleh pejabat yang pensiun.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah