300 Hektare Tanaman Padi Terendam Banjir, Petani Terancam Gagal Panen

- 7 Januari 2021, 08:55 WIB
Tanaman padi di Desa Panyingkiran, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka terendam banjir akibat luapan air Sungai Cibuaya, Rabu (6/1/2021).   
Tanaman padi di Desa Panyingkiran, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka terendam banjir akibat luapan air Sungai Cibuaya, Rabu (6/1/2021).   /Tati Purnawati/Pikiran Rakyat/

 

PRIANGANTIMUR NEWS - Luapan air sungai Cibuaya merendam sekitar 300 hektare tanaman padi di tujuh desa di Kecamatan Jatitujuh , Kabupaten Majalengka Jawa Barat, Rabu 6 Desember 2021.

Air setinggi satu meter tersebut merendam tanaman padi milik petani setempat.

Jika terlalu lama teredam para petani khawatir tanaman padi yang baru berusia satu bulan ini akan membusuk atau rusak dan tak bisa tumbuh dengan sempurna, hingga berdampak gagal panen.

Baca Juga: Tiga Orang Tewas Terpanggang Api, Satu di Antaranya Anak Balita

Di beberapa wilayah ketinggian air hingga Rabu (6/1/2021) masih setinggi kurang lebih 50 cm.

Di tempat lainnya seperti Panyingkiran sudah mulai berkurang tinggal sekitar 40 cm. Namun jika hujan deras kembali turun dan wilayah hulu banjir maka sungai Cibuaya kembali meluap maka ketinggian air kembali bertambah.

Yahya petani di Desa Panyingkiran Kecamatan Jatitujuh mengungkapkan, areal sawah di wilayahnya yang terendam banjir dari Sungai Cibuaya diperkirakan mencapai 3 hektaran saja. Namun desa tetangganya seperti Biyawak dan Jatiraga mencapai puluhan hektare karena posisi sawah lebih rendah.

Baca Juga: Gubernur Jawa Tengah Akan Melalukan Pembatasan Pergerakan 11-25 Januari 2021

Dikutip Priangantimur news dari Pikiran Rakyat, Kepala Desa Jatiraga, Kecamatan Jatitujuh Carsidik mengungkapkan, areal sawah yang terendam di wilayahnya mencapai kurang lebih 30 hektare, berada di Blok Kilang Maong, Bang Tangkal dan Blok Bedug, dengan usia tanam rata-rata satu bulan lebih.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x