Instruksi Jokowi: Bansos PKH Dicairkan Pekan Ini

- 5 Juli 2021, 16:12 WIB
Menkeu Sri Mulyani Indrawati.
Menkeu Sri Mulyani Indrawati. /tangkapan layar setkab.go.id/

PRIANGANTIMURNEWS-Presiden Joko Widodo menginstruksikan jajarannya untuk merealisasikan pencairan bantuan sosial Covid-19 mulai pekan ini, terutama Program Keluarga Harapan (PKH).

Hal tersebut disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati usai mengikuti Sidang Kabinet Paripurna yang dipimpin Presiden Jokowi di Jakarta, Senin (5 Juli 2021).

"Untuk perlindungan sosial, tadi instruksi Bapak Presiden agar untuk dilakukan akselerasi pembayarannya minggu ini, terutama PKH agar dimajukan yang untuk kuartal III," ujar Sri Mulyani, dikutip dari Antara.

Baca Juga: Ruang Darurat RS Kurang Oksigen, Pemerintah Akan Impor Tabung

Menurut Sri Mulyani, Presiden Jokowi berharap dengan percepatan realisasi, manfaat bantuan PKH segera dirasakan masyarakat.

Selain PKH, Sri Mulyani melanjutkan, Presiden juga meminta agar target sasaran Kartu Sembako bisa segera meningkat dari 15,93 juta menjadi 18,8 juta.

"Dan bantuan tunai untuk 10 juta keluarga penerima manfaat selama 2 bulan dibayarkan Juli 2021 ini," kata dia.

Baca Juga: Pemkab Garut Siapkan Bantuan Beras Sebagai Penunjang Bantuan Sosial dari Pemerintah Pusat

Selanjutnya, menurut Sri Mulyani, Presiden Jokowi juga meminta penyaluran BLT desa yang baru mencapai  5 juta keluarga penerima manfaat (KPM) bisa meningkat menjadi 8 juta.

"Untuk Kartu Prakerja, Presiden Jokowi memerintahkan penyerapan tahap kedua segera dilaksanakan Juli 2021.

Selain itu, menurut Sri Mulyani, bantuan sosial kuota internet bagi 27,67 juta pelajar dan mahasiswa serta tenaga pendidik juga akan tetap diberikan. 

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x