Mengenal Rumah Digital Indonesia, Pusat Kemeriahan Virtual HUT RI ke-76

- 2 Agustus 2021, 08:15 WIB
Tangkapan layar Rumah Digital Indonesia
Tangkapan layar Rumah Digital Indonesia /rumahdigitalindonesia.id/

PRIANGANTIMURNEWS-Pemerintah Indonesia menyiasati peringatan HUT RI ke-76 pada masa pandemi Covid-19 dengan membuat kanal virtual di dunia maya.

Kanal bernama Rumah Digital Indonesia tersebut akan menjadi pusat kemeriahan perayaan Hari Kemerdekaan pada tahun 2021.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyampaikan, peringatan Kemerdekaan kali ini akan digelar secara sangat minimalis mengingat situasi pandemi Covid-19, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, serta fokus pada kegiatan-kegiatan virtual.

"Kita berharap tahun ini sudah bisa luring, tapi kenyataannya pandemi masih berlanjut sehingga kami, kita, pemerintah masih menjalankan upacara (yang) digelar secara minimalis juga sesuai protokol kesehatan yang ketat dan masyarakat berpartisipasi secara daring", ujar Pratikno pada jumpa pers virtual, Jumat (30 Juli 2021).

Baca Juga: Logo Resmi HUT RI ke-76, Download Link CDR, PNG, AI di setneg.go.id

Pada tahun 2021 ini, ekspresi perayaan kemerdekaan akan berpindah ke platform-platform digital.

Suasana kemerdekaan secara digital dapat dinikmati masyarakat melalui kanal Rumah Digital Indonesia www.rumahdigitalindonesia.id, selama satu bulan penuh mulai tanggal 1 Agustus sampai 31 Agustus 2021.

Mengenal Rumah Digital Indonesia

Rumah Digital Indonesia disebut merupakan festival kemerdekaan virtual pertama di Indonesia.

Di kanal ini, masyarakat bisa merayakan kemerdekaan dengan pengalaman yang berbeda, dengan suguhan berbagai hiburan kesenian dan budaya, perlombaan khas kemerdekaan, dan juga belanja produk UMKM unggulan dari 34 provinsi.

Ada enam arena virtual di Rumah Digital Indonesia, yakni 1) Ruang Seni & Budaya, 2) Ruang Literasi Digital, 3) Pasar Lokal, 4) Petualangan Nusantara & Wajah Indonesia, 5) Arena Lomba 17-an dan 6) Panggung Nasional.

Untuk masuk ke Rumah Digital Indonesia dan menikmati suguhan yang ada, pengguna terlebih dahulu harus login menggunakan akun gmail atau Facebook.

Di Arena Seni Budaya, pengunjung bisa menikmati berbagai video kreasi warga, mulai dari ruang musik hingga panggung tari.

Baca Juga: Link Download 100+ Twibbon/Twibbonize HUT RI ke-76 dengan Logo Resmi

Di Ruang Literasi Digital, pengunjung akan disuguhkan video-video seputar budaya digital, serta tersedia juga Ruang Komunitas yang menampung kreasi video komunitas warga bertema kemerdekaan.

Sementara di arena Pasar Lokal, pengunjung akan disuguhkan berbagai produk unggulan dari 34 provinsi, mulai dari kuliner hingga craft.

Arena Petualangan Nusantara dan Wajah Indonesia menyajikan berbagai destinasi wisata dan sosok-sosok menginspirasi dari berbagai pelosok Nusantara.

Salah satu ruang paling interaktif adalah Arena Lomba 17-an yang memungkinkan pengunjung bermain aneka lomba khas Agustusan secara daring, mulai dari makan kerupuk hingga panjat pinang.

Kemudian di arena Panggung Nasional, pengunjung bisa menyaksikan berbagai pertunjukan seni secara langsung maupun siaran ulang.***

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x