Tekan Pengangguran dan Kemiskinan, Kemnaker Lakukan Langkah Strategis

- 26 Agustus 2021, 08:59 WIB
Menaker Ida Fauziah
Menaker Ida Fauziah /Instagram @kemnaker/

PRIANGANTIMURNEWS - Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Ida Fauziyah mengatakan, Kementerian Ketenagakerjaan memiliki sejumlah langkah strategis dalam perluasan kesempatan kerja dan penanggulangan kemiskinan.

"Langkah-langkah itu dilakukan melalui upaya mengurangi beban pengeluaran masyarakat miskin, serta mendorong peningkatan pendapatan," kata, Ida dikutip priangantimurnews.pikiran-rakyat.com dari Instagram @kemenaker Kamis 26 Agustus 2021.

Kata, Ida, upaya yang dilakukan Kemnaker juga dilakukan melalui program Tenaga Kerja Mandiri (TKM) pemula dengan target 100.000 orang dan TKM lanjutan 1.800 orang.

Baca Juga: Sebelum Vaksinasi, Pelajari Efek Samping Vaksin AstraZeneca, Efektifitas dan Cara Menangani Kipping

"Upaya lainnya melalui program desmigratif (Desa Migran Produktif) dalam membangun usaha mandiri yang produktif," ujar, Ida.

Katannya, program desmigratif melibatkan peran aktif pemerintah desa dengan target 150 desa.

“Sehingga desmigratif tidak hanya membantu masyarakat desa yang ingin bekerja ke luar negeri, namun juga dapat memperoleh pelayanan informasi usaha produktif melalui peran pemerintah desa,” ujar Menaker Ida Fauziyah

Penjelasan tersebut disampaikan Kemenaker saat mengikuti secara virtual Rapat Pleno Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang dipimpin oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin.

Baca Juga: Perbedaan Reaksi Tubuh Setelah Suntik Vaksin Pfizer dan Vaksin AstraZeneca, Simak Efektivitasnya

Menaker menjelaskan, saat ini kemiskinan cenderung lebih tinggi pada daerah pedesaan, namun tingkat pengangguran lebih tinggi di perkotaan.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @kemnaker


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x