BMKG Memperkirakan, Awal Musim Hujan di Indonesia Dapat Memicu Lebih Banyak Bencana Alam

- 27 Agustus 2021, 19:20 WIB
Foto udara warga menerobos banjir di Desa Wonoamonapa, Kecamatan Pondidaha, Konawe, Sulawesi Tenggara, Sabtu, 21 Agustus 2021. BMKG mendaftar Sulawesi juga akan terkena intensitas hujan yang lebih tinggi.
Foto udara warga menerobos banjir di Desa Wonoamonapa, Kecamatan Pondidaha, Konawe, Sulawesi Tenggara, Sabtu, 21 Agustus 2021. BMKG mendaftar Sulawesi juga akan terkena intensitas hujan yang lebih tinggi. /Antara Foto/Jojon/

PRIANGANTIMURNEWS- Indonesia mungkin mengalami lebih banyak bencana alam dalam beberapa bulan mendatang karena musim hujan tahunan negara itu diperkirakan akan dimulai lebih awal dan lebih parah tahun ini, kata Badan Meteorologi negara itu, BMKG, pada Kamis 26 Agustus.

Musim hujan di Indonesia diperkirakan akan dimulai sebulan lebih awal dari biasanya pada bulan September.

"BMKG menghimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat untuk mewaspadai, mengantisipasi dan melakukan tindakan mitigasi dini untuk menghindari dan mengurangi risiko bencana," kata BMKG dalam keterangannya, seraya menambahkan puncak musim hujan akan terjadi pada Januari dan Februari tahun depan.

Baca Juga: Bursa Transfer Liga Premier: Tawaran Chelsea untuk Jules Kounde Ditolak oleh Presiden Sevilla

Bencana yang terkait dengan kondisi cuaca dapat mencakup hujan es, kilat dan tornado, katanya, mencatat curah hujan yang lebih tinggi diperkirakan akan terjadi di banyak bagian nusantara termasuk di Jawa dan Sulawesi, serta sebagian dari Sumatera, Papua dan Kalimantan.

Indonesia rentan terhadap banjir, tanah longsor dan terkadang angin topan saat musim hujan.

Pada bulan April, negara ini mengalami Topan Tropis Seroja, salah satu topan paling kuat yang pernah melanda Indonesia, yang menewaskan 163 orang.

Sebagian ibu kota Jakarta juga sering mengalami banjir serius saat hujan deras. Namun BMKG mengatakan, masyarakat petani harus memanfaatkan waktu untuk menambah luas tanam dan mengumpulkan air hujan untuk digunakan pada musim kemarau tahun depan.

Baca Juga: Pembunuh Gadis Cantik di Bandung Terbongkar, Penyebabnya karena Gagal Berhubungan Seks

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: The Straits Times


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x