Empat Tentara Indonesia Tewas dalam Serangan Gerilya Papua

- 3 September 2021, 20:57 WIB
Anggota Satgas Nemangkawi terluka usai baku tembak dengan KKB di Papua
Anggota Satgas Nemangkawi terluka usai baku tembak dengan KKB di Papua /Dok Satgas Nemangkawi/

PRIANGANTIMURNEWS- Setidaknya empat tentara Indonesia tewas dan dua lainnya terluka dalam serangan oleh gerilyawan di wilayah Papua yang memisahkan diri, kata pihak berwenang.

Lebih dari 30 pemberontak menyergap sebuah pos militer di Maybrat, menyerang tentara dengan parang sebelum melarikan diri ke hutan.

"Masih gelap ketika serangan itu terjadi dan para pelaku langsung melarikan diri," kata Panglima Militer Papua Barat I Nyoman Cantiasa dalam sebuah pernyataan video yang tersedia untuk AFP pada hari Jumat, 3 September 2021.

Pasukan keamanan menangkap dua anggota kelompok pemberontak yang bertanggung jawab atas penyergapan itu setelah berjam-jam mencari di hutan, kata militer.

Baca Juga: Pelatih Persib Robert Alberts, Waspadai Pemain Muda Barito Putera

Militer telah memerintahkan perburuan dan bersumpah untuk "menghancurkan" pemberontak sebagai tanggapan atas pembunuhan hari Kamis.

Jenazah para prajurit yang tewas telah diterbangkan pulang untuk dimakamkan, menurut tentara Papua, sementara dua yang terluka saat ini dirawat di rumah sakit.

Pemberontak Papua telah mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan itu, yang terjadi hanya seminggu setelah kelompok itu membunuh dua pekerja konstruksi di distrik Yahukimo di dataran tinggi wilayah tersebut.

Ketegangan di wilayah yang dilanda konflik telah meningkat tahun ini, diselingi oleh bentrokan mematikan setelah pemberontak membunuh kepala intelijen Indonesia di Papua pada bulan April.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: The Strait Times


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah